Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: IST

Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: IST

Pekan Ini, Menkes Umumkan Mal dan Tempat Umum Pelanggar Prokes

Senin, 7 Feb 2022 | 22:25 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berjanji pada pekan ini akan mengumumkan mal dan tempat-tempat umum yang tidak taat atau melanggar protokol kesehatan (prokes) kepada publik.

"Ya saya janji, minggu ini kami umumkan di website dan kami akan berikan datanya ke media," katanya menjawab pertanyaan Beritasatu.com, saat pemaparan Menkes kepada Forum Pemred, Senin (7/2/2022).

Data-data tersebut tinggal sedikit lagi akan terselesaikan mulai dari mal, restoran, perkantoran, kementerian/lembaga dan lainnya, mana yang disiplin dan tidak disiplin memakai PeduliLindungi.

Baca juga: Pengumuman Mal dan Lokasi Tidak Taat Prokes Masih Dikaji

Menkes Budi mengakui keterlambatan pengumuman tersebut diakibatkan sistem websitenya yang bermasalah akibat beban tenaga pekerja IT Kemenkes yang terlalu banyak mengakses data.

"Kemarin itu kan testingnya naik. Biasanya testing kita paling puncak spesimen 300.000 atau kisaran rata-rata 200.000 hingga 250.000 per hari. Nah kemarin itu mencapai 500.000 per hari. Jadi ya jebol semua, bahkan ada yang tidak masuk, masuk datanya salah dan lain-lain," ungkapnya.

Jadi, lanjut Menkes Budi, sumber daya IT Kemenkes yang diinstruksikan pemutakhiran data aplikasi PeduliLindungi sangat kelabakan dan menyerah membereskan data-data PCR yang masuk ke sistem karena tingginya testing. Selain itu ditemukan juga ada banyak kesalahan data entry setelah ditinjau ulang.

Baca juga: Satgas: Disiplin Prokes Jangan Bedakan Varian Covid-19

"Nah sekarang sudah beres dan hari ini ada salah satu perusahaan farmasi besar yang sudah connect langsung ke sistem Kemenkes, padahal sebelumnya entry-nya masih manual. Kebayang kan entry data 200.000 tiba-tiba melonjak jadi 500.000. Ya jadi berantakan manualnya karena bebannya terlalu besar," urai Menkes Budi.

Jadi Menkes Budi telah instruksikan pemanfaatan koneksi daring oleh laboratorium uji tes Covid-19 guna memudahkan pemutakhiran data aplikasi PeduliLindungi.

Advertisement

Ia sudah minta dikoneksikan langsung ke sistem Kemenkes dan tidak perlu dibukukan manual lagi. Hal tersebut baru berjalan hari ini dan diharapkan pekan ini selesai serta bisa diumumkan secepatnya.

Baca juga: Menkes Ajak Masyarakat Kontrol Penggunaan PeduliLindungi
 
Seperti diberitakan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada 24 Januari 2022 lalu menyatakan bahwa pemerintah berencana mengumumkan mal dan lokasi-lokasi yang tidak taat prokes kepada publik mengacu pada aplikasi PeduliLindungi.

Dengan demikian publik tidak akan memasuki lokasi-lokasi tersebut karena diketahui berisiko menjadi area penularan Covid-19.

"Data berupa tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di tempat publik beserta titik lokasinya bakal dibuka ke publik melalui aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Dengan langkah tersebut diharapkan masyarakat bisa melihat lokasi-lokasi mana, sampai ke level titik lokasi entah kantornya, tokonya, atau lokasi lain mana saja yang disiplin dan mana yang tidak.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com