Menu
Sign in
@ Contact
Search
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Pemda Diminta Beri Sanksi Warga Positif Tapi Jalan-jalan

Selasa, 8 Feb 2022 | 21:32 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan sanksi terhadap masyarakat melanggar protokol kesehatan (prokes)  agar ada efek jera  pada masyarakat.

“Sudah 2 tahun berjalan pandemi, TNI/Polri dan pemda perlu menegakkan peraturan agar kita semua bisa  produktif  dan aman Covid-19,” ujar Wiku pada konferensi pers  tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”,   Selasa (8/2/2022).

Baca juga:  Pekan Ini, Menkes Umumkan Mal dan Tempat Umum Pelanggar Prokes

Hal ini disampaikan oleh Wiku merespons viralnya postingan dari warganet yang mengaku sedang terpapar Covid-19 dan tidak melakukan karantina. Warga tersebut mengaku meski gagal ke Bali karena  terinfeksi Covid-19,  ia masih bisa  jalan-jalan ke Kota Malang dan Batu meski dirinya positif Covid-19.

Advertisement

“Melihat kondisi ini kami amat prihatin karena masih saja  ada orang yang menyepelekan penularan Covid-19  yang sedang tinggi dalam 2 minggu terakhir,” ucap Wiku.

Baca juga:  Denda Pelanggar Prokes di Kota Bekasi Rp 23,4 Juta

Untuk itu, Wiku mengingatkan masyarakat agar  mengesampingkan ego terlebih dahulu untuk keselamatan bersama.

Selain kesadaran harus tinggi dari masyarakat, Wiku juga menegaskan pemerintah setempat termasuk penyelenggara wisata sebagai penanggung jawab  fasilitas publik  untuk melakukan skrining  kesehatan. Pasalnya, skrining  dapat mencegah  penularan  Covid-19 yang tinggi  di tengah kondisi  fasilitas  publik yang cenderung  padat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com