Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: BSTV

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: BSTV

Kasus Omicron Meroket, Luhut: Masyarakat Jangan Takut Berlebihan

Senin, 14 Februari 2022 | 18:55 WIB

JAKARTA, investor.id - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat agar tidak usah takut berlebihan menghadapi kenaikan signifikan kasus positif Covid-19, khususnya varian Omicron.

"Saya meminta masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan ketika kasus masih naik cukup tinggi atau ketika banyak orang terdekat terkena infeksi dari varian ini," kata Luhut usai rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju, Senin (14/2/2022). Rapat yang dipimpin Presiden Jokowi itu khusus membahas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Luhut mengungkapkan, sejumlah karyawan di kantornya saat ini juga terpapar Covid-19. Selain itu, di lingkungan keluarganya, beberapa anggota keluarga, dari anak, cucu, hingga sopir terkonfirmasi Covid-19.

"Namun, dari pengalaman kita semua, saya kira sekeliling kita sama. Mereka tidak terlalu lama, kemudian menjadi negatif kembali. Mereka hanya perlu isolasi mandiri, mengonsumsi obat-obatan yang diajurkan," ujar dia.

Menurut Luhut, data menunjukkan bahwa masyarakat yang terinfeksi hanya mengalami OTG (orang tanpa gejala) dan gejala ringan. "Saya perlu menegaskan mereka yang bergejala berat hingga meninggal, terindikasi sebagai orang-orang yang memiliki komorbid, lansia, dan orang yang belum divaksin. Kelompok-kelompok inilah yang harus diwaspadai," papar dia.

Dia secara khusus juga mengimbau agar masyarakat jangan mau diprovokasi untuk tidak divaksin. Soalnya, rata-rata penderita Covid-19 yang meninggal terbukti belum divaksin lengkap, belum di-booster, memiliki komorbid, dan berusia lanjut. "Kita punya tanggung jawab pada sekeliling masing-masing," tegas Luhut.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com