Menu
Sign in
@ Contact
Search
Murid SD pulang sekolah usai mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN 05 Pela Mampang, Jakarta Selatan,   Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Murid SD pulang sekolah usai mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN 05 Pela Mampang, Jakarta Selatan, Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Bogor PPKM Level 3, PTM 50% Harus Seizin Orang Tua

Selasa, 15 Februari 2022 | 14:00 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

BOGOR, investor.id   - Orang tua murid boleh menentukan anaknya mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penyesuaian ini juga berlaku bagi peserta didik di Kabupaten Bogor. Pasalnya, tingginya kasus penyebaran Covid-19 membuat Kabupaten Bogor kembali berstatus PPKM Level 3.

“Sesuai SKB Empat Menteri, PTM Terbatas tetap dapat dilaksanakan dengan kapasitas 50%, itu pun harus seizin orang tua peserta didik,” ujar Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 1 Kabupaten Bogor, Dadang Sufyan Saifullah, Selasa (15/2/2022).

Khusus untuk jenjang pendidikan SMA dan SMK, kata Dadang, PTM di zona merah kembali menerapkan PJJ. Termasuk sekolah-sekolah di wilayah non zona merah yang ditemukan kasus positif.

Baca juga: Satuan Pendidikan Diminta Cegah Penularan Klaster PTM ke Keluarga

Sedangkan sekolah-sekolah yang menerapkan PTM, hanya dibolehkan kapasitas 50% dengan pengawasan dan pembinaan dalam proses pelaksanaannya.

“Tentunya PTM harus tetap diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat. Surveilans dan pengaturan penghentian sementara PTMT sesuai ketentuan dalam SKB Empat Menteri,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah melalui surat edaran menyampaikan beberapa poin teknis pelaksanaan kegiatan belajar mengajar saat Kabupaten Bogor kembali berstatus PPKM Level 3.

Baca juga: Pemkab Bekasi Tunda PTM 100%

“Terhitung mulai 9 Februari 2022, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan PTMT dengan ketentuan. Setiap hari secara bergantian, jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas dan lama belajar paling banyak empat jam per hari,” jelasnya.

Bila ditemukan kasus positif, maka PTMT dihentikan sementara selama 5 x 24 jam, selanjutnya dilaksanakan PJJ dan melakukan sterilisasi.

Baca juga: PTM Lahirkan Klaster Sekolah, Epidemiolog Bilang Begini

Sedangkan, khusus untuk satuan pendidikan di zona merah, yang melaksanakan PJJ, yakni Kecamatan Cibinong, Citeureup, Babakanmadang, Bojonggede, Gunungputri, dan Cileungsi.

Selain itu, kepala satuan pendidikan senantiasa memantau perkembangan Covid-19 di satuan pendidikan dan segera melaporkan kepada Dinas Pendidikan.

“Pelaksanaan pembelajaran sebagaimana dimaksud di atas akan dievaluasi sesuai situasi perkembangan pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com