Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika di Kantor Kabupaten Purwakarta, Jabar, Senin (22/10). Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika di Kantor Kabupaten Purwakarta, Jabar, Senin (22/10). Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Dampak Pandemi, Bupati Purwakarta Fasilitasi UMKM Jual Produk secara Online

Kamis, 17 Februari 2022 | 22:04 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, merebaknya pandemi Covid-19 telah melumpuhkan sendi-sendi perekonomian, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Banyak pelaku usaha yang menutup bisnisnya karena kesulitan memasarkan produk-produknya.

“Sektor UMKM dulu terdorong oleh keberadaan objek wisata. Sejak pandemi banyak yang tutup,” kata Anne saat melakukan media visit secara daring di Beritasatu Media Holdings, Kamis (17/2/2022).

Ia mengatakan, sebelum pandemi, banyak wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta untuk menikmati keindahan alam dan kuliner andalan di daerah itu. Seiring merebaknya virus Covid-19, jumlah wisatawan turun drastis.

“Kondisi ini sangat memukul para pelaku usaha kecil dan menengah. Akhirnya, kami mendorong para pelaku usaha dengan memfasilitasi mereka melakukan penjualan secara online,” jelas dia.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Buka Akses 5 Desa Terisolir

Disebutkan, pemerintah Kabupaten Purwakarta mendorong terwujudnya kerja sama antara pelaku UMKM dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Alhamdulillah ada yang bisa bertahan dan memberikan subsidi berupa modal usaha,” kata Anne.

Di sisi lain, lanjutnya, pemerintah Kabupaten Purwakarta juga menjalin kerja sama sinergis dengan sejumlah investor asing yang berinvestasi di Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM).

“Sumber daya manusia di daerah kami dididik dan dilatih agar masyarakat memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri. Alhamdulillah, pada tahun 2021, Purwakarta dinobatkan sebagai wilayah dengan kemudahan investasi kelima di Indonesia,” kata Anne.


 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN