Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bupati Bogor Ade Yasin

Bupati Bogor Ade Yasin

Macet 12 Jam, Bupati Bogor Ade Yasin Minta Pemerintah Bangun Puncak 2

Selasa, 1 Maret 2022 | 16:52 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

BOGOR, investor.id   - Bupati Bogor Ade Yasin menyikapi kemacetan parah yang menyebabkan pengendara terjebak 12 jam di kawasan Puncak. Ia pun berharap jalur alternatif Puncak 2 segera dibangun pemerintah pusat.

Ade Yasin menyebut penyebab utama permasalahan kemacetan di kawasan Puncak seperti yang terjadi akhir pekan kemarin karena lebar jalan yang tidak memadai.

Sehingga, ketika kawasan tersebut diserbu puluhan ribu kendaraan dalam satu waktu kemacetan tidak dapat terhindarkan.

Baca juga: Macet 12 Jam di Puncak Minggu Malam, Polisi: Ada Mobil Mogok 

"Lebih dari 80 ribu kendaraan, pasti lah akan terjadi kemacetan. Dimana pun itu kalau jalannya kecil kendaraannya banyak, pasti akan terjadi kemacetan," kata Ade Yasin, Selasa (1/3/2022).

Ade Yasin menambahkan, pihaknya tidak bisa melarang masyarakat untuk tidak berwisata di kawasan Puncak. Yang bisa dilakukannya yakni menyediakan jalur alternatif seperti Jalur Puncak 2.

Baca juga: Libur Panjang, 88.870 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Menuju Puncak Bogor

"Jadi saya kira ini mungkin karena pengaruh libur panjang juga banyak orang turun berwisata. Tapi rata-rata kalau kita lihat kan rata-rata orang luar Bogor. Saya kira kita tidak bisa melarang ya dengan kondisi seperti ini. Itu sesuatu yang memang perlu ke depannya kita dorong kepada pemerintah untuk mencari alternatif jalan lain selain Puncak. Jadi Puncak itu jangan hanya yang bisa kita andalkan. Tapi wilayah lain kan harus bisa ada solusi untuk memecah kemacetan Puncak," ungkapnya.

Menurutnya, Jalur Puncak 2 sudah disiapkan sejak lama. Hanya saja, masih menunggu pemerintah pusat untuk membantu pembangunan sebagai upaya dalam mengatasi kemacetan di Jalur Puncak saat ini.

Baca juga: 4 Hari: 121.540 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Menuju Puncak

"Lokasi sudah ada, tanah sudah ada kita juga sudah mengajukan kepada pemerintah pusat. Intinya bagaimana pemerintah pusat bisa mengambil kebijakan membantu Kabupaten Bogor memecah kemacetan." katanya.

"Kita siapkan lahannya, kita sudah siap sebenarnya lahannya. Kita bahkan pernah buka kerja sama dengan TNI sepanjang 1,5 km. Kita sudah siapkan lahan itu oleh pemerintah daerah. Tinggal dibangun dengan perencanaan dan lain-lain. Saya kira kalau feasibility study (FS) kita sudah punya juga. Jadi tinggal koordinasi aja sebetulnya," sambung Ade.

Sebelumnya, kawasan Puncak, Kabupaten Bogor sempat mengalami kemacetan parah ketika momen libur panjang pada Minggu 27 Februari 2022 hingga para pengendara terjebak kemacetan sela 12 jam. Selain meningkatnya volume kendaraan, kemacetan terjadi juga disebabkan banyak kendaraan mogok di jalan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com