Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Warga beraktivitas rekreasi di kawasan Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan.  Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Warga beraktivitas rekreasi di kawasan Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan. Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Ini Langkah Agar tak Terkena Covid-19 Lagi

Kamis, 3 Maret 2022 | 07:43 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Seseorang yang sudah divaksin baik dosis satu maupun dua (lengkap) masih bisa terpapar Covid-19. Vaksinasi dilakukan untuk mencegah risiko rawat inap dan kefatalan, bukan untuk untuk mencegah infeksi.

Reinfeksi Covid-19 inilah yang menjadi salah satu fenomena yang banyak ditemukan belakangan ditengah penularan virus Corona varian Omicron.

Advertisement

Baca juga: Waspada! Meski sudah Booster Tetap Bisa Reinfeksi

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi yang juga sebagai dokter spesialis di RSUP Persahabatan dr Prasenohadi, menjelaskan, prinsip dasar adalah adalah tetap waspada dan jangan main-main dengan Covid-19, termasuk Omicron.

"Sekalipun gejala ringan tapi di rumah sakit pasien dengan gejala berat dan kritis tetap ada, terutama orang yang belum divaksin ditambah punya komorbid yang bisa memperberat segalanya," katanya dalam webinar Satgas Covid-19, Rabu (2/3/2022)

Baca juga: Warga Jakarta Bisa Daftar Vaksinasi Booster Bank DKI Lewat JAKI

Komorbid seperti diabetes melitus, hipertensi, hingga pengentalan darah menjadi penyakit penyerta yang cukup banyak memperburuk gejala Covid-19.

Menurutnya vaksin Covid-19 dan booster memang diharapkan menjadi solusi untuk menghentikan pandemi Covid-19. Namun, upaya itu juga harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin oleh seluruh masyarakat, termasuk yang sudah divaksin, agar reinfeksi Covid-19 setelah vaksinasi dapat dicegah.

Baca juga: Kadin Indonesia Gelar Vaksinasi Booster Capai 1.000 Dosis

Ini terbukti dari data Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur, sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 yang banyak menerima pasien dengan status vaksinasi sudah disuntik dosis pertama maupun kedua.

"Di rumah sakit Persahabatan cukup banyak pasien dengan riwayat sudah menjalani program vaksinasi Covid-19. Jadi, sepertinya bahwa vaksinasi pertama maupun vaksinasi kedua mempunyai masa waktu tertentu atau mungkin berakibat pada imun kekebalan seseorang," ungkap dia.

dr Prasenohadi juga menyarankan agar masyarakat selalu mengenakan masker, terutama di tempat-tempat umum, di ruangan tertutup, atau di tempat yang ventilasinya buruk. Tidak ketinggalan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta kurangi mengonsumsi makanan dengan kandungan garam dan gula yang tinggi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN