Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Bidang Dukungan Kesehatan Satgas Penanganan Covid 19, Alexander Kaliaga Ginting. Foto: IST

Ketua Bidang Dukungan Kesehatan Satgas Penanganan Covid 19, Alexander Kaliaga Ginting. Foto: IST

Indonesia Menuju Masa Transisi Endemi, Ini Kata Satgas

Sabtu, 12 Maret 2022 | 13:50 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Darurat Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander Kaliaga Ginting mengatakan pada masa transisi pandemi menuju endemi Covid-19, pemulihan kesehatan harus dibarengi dengan pemulihan sektor lain seperti ekonomi, pendidikan dan agama.

Masa transisi ini, kata Alexander, harus ada regulasi  yang mengatur berupa kebijakan gas dan rem. Pasalnya, kasus penularan Covid-19 ini tidak sama di setiap kabupaten/kota.

Oleh karena itu, aturan gas dan rem ini diberikan kepada bupati/walikota untuk bisa mengatur daerahnya, misalnya aturan aglomerasi untuk Jakarta belum tentu bisa diterapkan untuk daerah Kalimantan ataupun sebaliknya.

Pasalnya, ketika kasus di Jawa-Bali melandai,  ada daerah di luar Jawa- Bali kasus Covid-19 meningkat. Untuk itu,  pemerintah pusat memberikan keleluasaan kepada pemda untuk mengelola penanganan Covid-19 sesuai  dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)  yang dikeluarkan setiap 2 minggu termasuk kontak tracing.

“Pencapaian kontak tracing dan pencapain vaksinasi itu tanggung jawabnya pemda.  Jadi bupati/walikota dan gubernur harus  benar-benar konsen dalam  penanganan Covid-19 ini  seberapa besar kontak tracing ini terimplementasi atau seberapa besar capaian vaksinasi,”  kata Alexander pada diskusi daring bertajuk; “Bersiap Hidup di Era Endemi”, Sabtu (12/3/2022).

Oleh karena itu, Alexander mendorong agar kebijakan PPKM di tingkat desa dan kelurahan harus mengoptimalkan peran RT/RW. “Orang sakit, orang divaksinasi dan siapa  yang harus pergi ke isoter (isolasi terpusat), ini memang peran bapak RT dan RW di bawah lurah dan kepala desa  untuk melakukan ini karena ini merupakan perjuangan kita,” ucapnya.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com