Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Putri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat menerima kunjungan Bima Arya di Yogyakarta, Minggu (27/3/2022)  Foto: dok Pemkot Bogor

Putri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat menerima kunjungan Bima Arya di Yogyakarta, Minggu (27/3/2022) Foto: dok Pemkot Bogor

Putri Keraton Minta Support Bima Arya Jadikan Yogyakarta World Heritage

Senin, 28 Maret 2022 | 09:10 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

BOGOR, investor.id - Putri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi meminta dukungan atau support Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Bima Arya untuk menjadikan Yogyakarta sebagai kota warisan dunia atau World Heritage.

Hal itu diungkapkan GKR Mangkubumi saat menerima kunjungan Wali Kota Bogor sekaligus Ketua JKPI Bima Arya di Ndalem Punakawan, Yogyakarta, Minggu (27/3/2022).

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal. Mulai dari soal kawasan pusaka hingga penataan Malioboro.

Baca juga: GKR Mangkubumi Bantu Logistik Pelaku Jasa Wisata di Kaliurang

Bahkan, GKR Mangkubumi meminta dukungan Bima Arya sebagai Ketua JKPI untuk membantu memperjuangkan Yogyakarta menjadi World Heritage.

Seperti diketahui, Yogyakarta mengajukan diri menjadi kota warisan dunia UNESCO mengingat banyaknya tradisi yang masih dipegang teguh, mempunyai filosofi yang tinggi, yang masih dipegang sejak Sultan HB I.

"Jogja punya mimpi besar untuk menjadi world heritage. Perlu support dari JKPI untuk ke UNESCO," ungkap putri pertama Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Putri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat menerima kunjungan Bima Arya di Yogyakarta, Minggu (27/3/2022)  Foto: dok Pemkot Bogor
Putri Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat menerima kunjungan Bima Arya di Yogyakarta, Minggu (27/3/2022) Foto: dok Pemkot Bogor

GKR Mangkubumi berterima kasih atas kehadiran Bima Arya di kota gudeg sehingga bisa berbagi pengalaman dan banyak hal.

Baca juga: GKR Mangkubumi Harapkan Pasar Tradisional DIY Mampu Bersaing

"Kita diskusi masalah penataan Malioboro dan kawasan heritage. Intinya saling belajar untuk penataan kawasan heritage dan kawasan strategis di wilayah masing-masing. karena banyak kawasan heritage yang perlu kita jaga bersama agar tidak hilang," jelas GKR Mangkubumi.

"Semoga lebih maju dengan mengapresiasi dan menjaga kawasan-kawasan heritage," harapnya.

Sementara itu, Bima Arya sangat bangga bisa berdiskusi dengan GKR Mangkubumi. Ia pun banyak terinspirasi dari Yogyakarta dalam banyak hal.

Baca juga: Percepat Realisasi Penataan Kawasan Mangkubumi

"Ngobrol soal penataan kota pusaka. Kebetulan saya juga sebagai Ketua Presidium JKPI. Kita banyak bertanya terkait penataan di Jogja, bagaimana menjaga warisan pusaka, warisan budaya. Kemarin juga kami datang ke Diorama Arsip Yogyakarta itu keren banget. Kita ingin membuat itu di kota-kota anggota JKPI," ujar Bima Arya.

"Tadi juga saya terinspirasi bagaimana Malioboro ditata. PKL direlokasi, bahkan penataannya terus berlanjut ke depan. Kita ingin belajar banyak bagaimana Yogya menata Malioboro," pungkasnya.

Di penghujung pertemuan, keduanya saling bertukar cinderamata. GKR Mangkubumi memberikan buku berjudul ‘GKR Mangkubumi : Penyambung Budaya Adiluhung dan Peradaban Indonesia Modern’. Sementara Bima Arya memberikan buku 'Titik Balik' dan kain batik khas Bogor.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN