Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penertiban lahan dan rumah milik perusahaan di Jalan Ceylon, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 1 April 2022.

PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penertiban lahan dan rumah milik perusahaan di Jalan Ceylon, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 1 April 2022.

KAI Amankan Aset di Gambir, Pengguna Diwajibkan Teken Kontrak

Sabtu, 2 April 2022 | 08:07 WIB
Mikael Niman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan penertiban lahan dan rumah perusahaan yang terletak di Jalan Ceylon, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Di lokasi tersebut terdapat lahan milik KAI sekitar 1.000 meter persegi (m2) yang saat ini dihuni 9 kepala keluarga (KK).

“Lahan tersebut, merupakan aset PT KAI yang tercatat dalam aktiva tetap perusahaan,” kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Jumat (1/4/2022). Dengan begitu, kata dia, apabila ada warga yang ingin menggunakan lahan tersebut, harus terikat dengan kontrak sewa.

Sebanyak 9 KK yang telah menempati rumah perusahaan secara ilegal dan tidak bersedia untuk bayar kontrak sewa sejak tahun 2010. Secara tegas, KAI Daop 1 melakukan penertiban dengan bantuan pengamanan lokasi bersama pihak Kepolisian, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Dari 9 KK, terdapat 8 di antaranya yang akhirnya bersedia untuk mulai menandatangani kontrak sewa dengan Daop 1 Jakarta. Sementara, 1 KK lainnya dengan objek seluas 96 m2 yang tidak bersedia kontrak sewa telah ditertibkan dan dilarang untuk menempati lahan tersebut,” tuturnya.

Sebelum melakukan penertiban, jajaran Daop 1 Jakarta telah berupaya melakukan pendekatan persuasif kepada penghuni agar melakukan sewa kontrak namun terdapat sejumlah warga yang tidak mau mengikuti aturan untuk kontrak sewa atau bertahan secara ilegal. Sesuai prosedur, diberikan surat peringatan 1, 2 dan 3 untuk selanjutnya ditertibkan pada waktu yang telah ditetapkan.

“Tindakan penghuni tersebut tidak dibenarkan atau dapat dikatakan sebagai penghunian tanpa hak atau tidak sah,” jelasnya. KAI pun mengimbau kepada masyarakat lainnya yang menempati lahan atau bangunan milik PT KAI agar segera melakukan proses kontrak sesuai ketentuan yang berlaku. (Mikael Niman)

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com