Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas dan Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/2/2022). Foto: BPMI Setpres

Presiden Joko Widodo melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas dan Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/2/2022). Foto: BPMI Setpres

Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027

Selasa, 12 April 2022 | 07:58 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik tujuh anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/5/2022).

Ketujuh anggota KPU yang akan dilantik adalah Yulianto Sudrajat, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Idham Holik, Hasyim Asyari, Muhammad Afifuddin, dan August Mellaz. Perlu diketahui, Hasyim Asyari adalah satu-satunya petahana.

Advertisement

Baca juga: KPU Paparkan E-voting Belum Bisa Diterapkan di Pemilu 2024

Sedangkan lima komisioner Bawaslu terdiri atas Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Lolly Suhenty.

Presiden Jokowi saat memimpin rapat Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/4/2022), menungkapkan, KPU segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Usai pelantikan, kata Presiden Jokowi, pemerintah akan berdiskusi dengan jajaran komisioner KPU dan Bawaslu terkait persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Nantinya KPU bertugas untuk menerima, meneliti, dan menetapkan partai-partai politik yang berhak sebagai peserta Pemilu. KPU juga bertugas untuk membentuk Panitia Pemilihan Indonesia (PPI) dan mengkoordinasikan kegiatan Pemilu mulai dari tingkat pusat hingga di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain itu, KPU berwenang menetapkan jumlah kursi anggota DPR, DPRD I, dan DPRD II di setiap daerah pemilihan. KPU bertugas menetapkan keseluruhan hasil Pemilihan Umum di semua daerah pemilihan untuk DPR, DPRD I, dan DPRD II. KPU juga berwenang untuk memimpin tahapan kegiatan Pemilu.

Baca juga: Jokowi: Tidak Ada Penundaan Pemilu 2024

Sementara itu, Bawaslu bertugas menyusun standar tata laksana pengawasan Penyelenggaraan Pemilu untuk pengawas Pemilu di setiap tingkatan. Bawaslu juga bertugas melakukan pencegahan dan penindakan terhadap Pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu.

Sesuai ketentuan yang berlaku, Bawaslu bertugas untuk mengawasi persiapan penyelenggaraan Pemilu, mulai dari perencanaan dan penetapan jadwal tahapan Pemilu, perencanaan pengadaan logistik oleh KPU, hingga sosialisasi penyelenggaraan Pemilu.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN