Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah pengunjung mall di Jakarta Pusat, belum lama ini. (Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

Sejumlah pengunjung mall di Jakarta Pusat, belum lama ini. (Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao)

Daerah PPKM Level 1 Menurun, Warning Lonjakan Kasus Covid-19 usai Lebaran

Selasa, 10 Mei 2022 | 15:52 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. Pasalnya, terdapat tren penurunan jumlah daerah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1 baik di Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali.

"Menurunnya jumlah level 1 di beberapa daerah baik di wilayah Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali menjadi warning bagi kita semua bahwa pandemi ini belum sepenuhnya berakhir, jangan sampai gelombang peningkatan kasus terjadi lagi seperti dua tahun belakangan ini," ujar Safrizal dalam keterangannya, Selasa (10/5/2022).

Advertisement

Baca juga: Jabodetabek Kembali Terapkan PPKM Level 2, Simak Aturan Lengkapnya

Safrizal mengungkapkan PPKM Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 23 Mei 2022. Perpanjangan kali ini terdapat tren penurunan jumlah daerah PPKM Level 1. Di Jawa-Bali, kata dia, jumlah daerah di Level 1 menurun yang sebelumnya 29 daerah menjadi 11 daerah.

"Begitu juga dengan jumlah daerah di Level 3 menurun dari 2 daerah menjadi 1 daerah. Sebaliknya, untuk jumlah daerah Level 2 naik dari 97 daerah menjadi 116 daerah," tutur dia.

Pola yang sama, kata Safrizal, juga terjadi pada perpanjangan PPKM di Luar Jawa-Bali. Jumlah daerah di Level 1 turun dari 131 daerah menjadi 88 daerah. "Sementara daerah Level 3 menurun dari 39 daerah menjadi 22 daerah serta daerah Level 2 naik dari 216 daerah menjadi 276 daerah," jelas dia.

Baca juga: Menkominfo: Mudik dan Idulfitri Jadi Momentum Menuju Endemi

Lebih lanjut, Safrizal mengakui bahwa pasca libur Lebaran 2022 terjadi penambahan kasus aktif Covid-19, namun penambahan tersebut masih dalam kondisi pelandaian atau terkendali. Hal ini ditandai dengan tidak adanya lonjakan kasus secara eksponensial.

"Walaupun kasus masih terpantau stabil, namun kita sadar betul bahwa inkubasi virus ini dapat mencapai 14 hari. Oleh karenanya, sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kami minta kepada seluruh pemerintah daerah terus waspada dan tetap berkonsentrasi untuk mengantisipasi segala kemungkinan, dengan selalu memperkuat testing, tracing dan treatment dalam pola penanganan pandemi," pungkas Safrizal.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN