Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pra-KTT II Youth 20 (Y20) Indonesia 2022.

Pra-KTT II Youth 20 (Y20) Indonesia 2022.

Pemuda untuk Planet Layak Huni Jadi Fokus Pra-KTT III Y20 di Kalimantan Timur

Jumat, 13 Mei 2022 | 18:34 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 tahun ini, bukan hanya sebagai pertemuan pemerintah dari anggota G20. Namun juga sebagai tuan rumah bagi serangkaian kelompok keterlibatan pemerintah, termasuk Y20, yaitu forum dialog resmi pemuda dalam presidensi G20 Indonesia. Indonesian Youth Diplomacy (IYD) diberikan mandat sebagai penyelenggara resmi Y20 Indonesia.

Pra-KTT III Y20 akan diadakan di Kalimantan Timur pada 21-22 Mei 2022 dengan tema pembahasan Pemuda untuk Planet Layak Huni dan Berkelanjutan adalah salah satu agenda prioritas dari KTT Y20 dalam rangkaian G20 Indonesia.

Co-chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar mengatakan, 10-20 tahun lagi peran ekonomi dan peran politik global akan signifikan dan pemuda Indonesia akan menjadi pemimpin, serta membangkitkan semangat pemuda Indonesia.

Baca juga: Inklusi Pemuda dalam Tata Kelola Digital Jadi Fokus Pra-KTT Kedua Y20

“Pemilihan Pra –KTT III Y20 yang akan dilaksanakan di Kalimantan Timur karena dengan keberagaman yang ada dan untuk membahas pertumbuhan ekonomi yang sudah dinantikan oleh masyarakat Kalimantan Timur. Disisi lain, ada resiko terhadap alam mengenai negara berkembang,” ungkap Michael dalam acara Lunch Talk BeritaSatu, Jumat (13/05/2022).

Michael menambahkan, ada empat agenda prioritas yang diusung oleh Y20 Indonesia 2022, yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang layak huni dan berkelanjutan, serta keberagaman dan inklusi.

“Sebagai tuan rumah kita bisa menentukan topik yang akan dibahas, lalu menentukan jumlah delegasi yang akan datang dari Negara anggota G20 dan negara observer untuk memikirkan isu apa saja yang paling penting untuk pemuda,” papar.

Baca juga: Presidensi G20, Momentum untuk Meningkatkan Kepercayaan Investor Global

Michael menambahkan menuju puncak G20 yang akan ada negosiasi, pihaknya mewajibkan setiap delegasi dari semua Negara untuk mencari tahu permasalahan pemuda. Selain itu, pihaknya juga melakukan survey dengan bekerja sama dengan lembaga penelitan dari Jepang dengan jumlah responden 5.700 orang atau 300 orang dari 19 negara anggota G20.

Sementara itu, Co-chair Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati mengatakan, pemilihan empat agenda priorotas ini karena dari tiga agenda prioritas adalah legasi isu setiap tahun dan kali ini Indonesia sebagai tuan rumah. “Kami ingin mengangkat Bhineka Tunggal Ika dengan isu keberagaman dan inklusifitas,” paparnya.

Namun, lanjut Rahayu, adanya Y20 menjadi tantangan dari tahun ke tahun, karena kesadaran adanya Y20 belum tinggi. Justru ini menjadi kesempatan untuk fokus terhadap pemuda-pemudi di daerah-daerah, supaya pemuda-pemudi bisa terlibat dalam diplomasi Internasional.

Baca juga: Jadi Jubir Pemerintah untuk Presidensi G20, Maudy Ayunda Bilang Begini...

Sebelumnya, kick of meeting Y20 sudah digelar pada bulan Februari 2022, diikuti serangkaian lainya sebelum pertemuan puncak KTT Y20 dilaksanakan pada bulan Juli 2022 di Jakarta dan Bandung.

Sebanyak 100 pemuda, terdiri dari empat pemuda dari masing-masing negara anggota G20 dan 20 pemuda sebagai observer, membahas isu strategis.

Hasilnya nanti berupa sebuah communicate akan menjadi rekomendasi kebijakan yang akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai bahan pertimbangan penyusunan G20 leader declaration oleh kepala Negara pemerintahan anggota G20.

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Zainudin Amali menjelaskan Y20 adalah forum tepat yang dapat anda manfaatkan untuk berdiskusi dan mencoba memecahkan masalah pemuda serta mendorong pemerintah dan pemimpin Negara anggota G20 untuk mendukung dan memecahkan masalah. “Namun saya berharap ini tidak berhenti di komunitas saja,tetapi bisa menjadi tindakan nyata yang bermanfaa,” pungkasnya. (C01)

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com