Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Acara puncak KTT Y20 akan digelar di Bandung dan Jakarta

Acara puncak KTT Y20 akan digelar di Bandung dan Jakarta

Acara Puncak KTT Y20 akan Digelar di Jakarta dan Bandung Juli 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:11 WIB
Fatima Bona

JAKARTA, investor.id - Acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Indonesia akan berlangsung di Jakarta dan Bandung digelar pada Juli 2022 mendatang.  

Co-chair Y20 Rahayu Saraswati mengatakan  sebanyak 100 pemuda yaitu 4 dari  masing-masing negara anggota G20 dan 20 pemuda  yang hadir sebagai observer akan bertemu dalam ajang ini untuk membahas 4  isu prioritas.

Adapun 4 agenda prioritas yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet berkelanjutan dan layak huni serta keberagaman dan inklusi.  

Sara menuturkan acara puncak  KTT Y20  yang akan berlangsung di Jakarta ini dimulai dengan gala dinner  bersama  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.  Kemudian, akan gala dinner bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika di Bandung.

“Ini melakukan best practice dari China, karena baru China yang melakukan  dua kota Summit Y20.  Di mana  waktu itu Shanghai dan Beijing. Kita melakukan di Jakarta dan Bandung,” ujar  Sara dalam acara Lunch Talk dengan tema; “ Y20: Kiprah Pemuda Dalam G20” disiarkan oleh  Beritasatu News Channel, Jumat (13/5/2022).  

Dikatakannya, puncak KTT Y20 ini merupakan puncak negosiasi yang terjadi antara delegasi dari berbagai negara. Sementara selama Pra-KTT  merupakan waktu diskusi dilakukan oleh delegasi masing-masing negara yang dilakukan secara online.  

Sara menjelaskan pada puncak KTT Y20,  setiap isu prioritas ada  talkshow yakni mendengarkan paparan dari para pakar  merupakan perwakilan dari para menteri. 

“Kebetulan untuk Pra-KTT ke-3 ini  Bu Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) akan hadir membuka  dan untuk pra-KTT  ke-4  kemungkinan besar Mas Menteri Nadiem (Mendikbudristek) karena  kita mau mengangkat tentang edukasi  atau pendidikan yang inklusi,” ujarnya.   

Sara juga menambahkan,  Puncak Summit Y20, tidak hanya mengundang para menteri dari Indonesia, tetapi akan menghadirkan para menteri dari luar negeri. Salah satunya, menteri termuda di dunia yang merupakan seorang perempuan, yakni  Shamma Al-Mazrui – Menteri Urusan Kepemudaan  Uni Emirat Arab (UAE).  

“Jadi seluruh dunia kita tahu, bahkan ada perdana menteri termuda, ada menteri-menteri muda dari negara- negara tetangga. Itu yang kami undang. Selain itu, pakar dari PBB dan pakar-pakar dari bidangnya masing-masing. Itu yang akan dilakukan  pada acara Puncak Summit Y20,” ujarnya.

Terkait persiapan, Sara menuturkan persiapan telah dilakukan sejak tahun lalu. Dia optimistis untuk segala persiapan Puncak Summit Y20. Sebelumnya, kick of meeting Y20 sudah digelar pada bulan Februari 2022 yang dikenal dengan   Pre- Summit Y20.  

Selanjutnya, Sara juga menuturkan Pre-Summit Y20 memberi kesempatan untuk pemuda di daerah untuk bisa menyampaikan aspirasi  kepada para delegasi.  Pasalnya, yang melakukan negosiasi dan diplomasi internasional adalah delegasi dari masing-masing negara. 

Selain itu, lanjut Sara, Pre-Summit Y20 ini ada talkshow  yang disiarkan secara live streaming sehingga pemuda-pemudi di seluruh dunia  bisa  terlibat langsung pada ajang tersebut.  

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN