Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno

PAN Bantah Campur Tangan Istana Atas Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu

Sabtu, 14 Mei 2022 | 14:05 WIB
Yutinus Paat

JAKARTA, investor.id - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno membantah ada campur tangan istana dalam pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Eddy memastikan Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Suharso Monoarfa ikut pertemuan dan mencapai kesepakatan koalisi, dengan independensinya masing-masing.

"Saya bisa pastikan setiap partai yang datang kemarin, datang dengan independensinya masing-masing. Jadi, tidak ada arah mengarahkan," ujar Eddy dalam diskusi polemik MNC Trijaya bertajuk 'Kasak Kusuk Koalisi Partai dan Capres 2024', Sabtu (14/5/2022).

Eddy yakin pembentukan KIB sudah dibahas sebelumnya di masing-masing partai. Menurut dia, masing-masing partai diarahkan oleh ketumnya, bukan oleh pihaknya lain termasuk dalam pembentukan KIB. "Jadi tidak ada arahan dari pihak luar manapun," tandas Eddy.

Lebih lanjut, Eddy mengatakan bahwa KIB masih seumur jagung, baru berusia kurang lebih 48 jam. Visi dan misi besarnya, tutur dia, sudah disepakati bersama oleh ketiga ketum dan detail serta teknisnya dibahas dan dirumuskan dalam beberapa waktu ke depan.

"Jadi saya kira detailnya akan menyusul dalam beberapa hari ke depan, itulah yang akan menjadi esensi, akan kita komunikasikan lagi kepada publik apa yang menjadi program kerja dan gagasan yang akan dilahirkan koalisi ini," ungkap dia.

Eddy mengatakan KIB akan segera membentuk tim kerja dan tim perumus untuk mendetailkan kesepakatan yang sudah dibangun oleh ketiga ketum. Kesepakatan tersebut adalah mengkawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sampai 2024 dan membangun politik gagasan, ide, konsep di Pemilu 2024.

"Jadi nanti (tim kerja) mendetailkan apa yang ingin kita kerjakan secara bersama-sama, secara kolektif dalam rangka menyambut tahun demokrasi Tahun 2024," pungkas Eddy. 

Sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan silaturahmi dan pertemuan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam. Pertemuan tersebut menyepakati bahwa ketiga partai ini berkoalisi dan kerja sama di Pemilu 2024 dengan nama koalisi 'Bertiga-Bersatu' atau Koalisi Indonesia Bersatu. 

"Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tumbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT," ujar Airlangga di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (12/5/2022)  malam. (YUS)

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN