Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Inspiring Women 2022.  Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga (kanan bawah), Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian PPPA Ratna Susianawati (tengah bawah), Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (tengah atas), Wakil Direktur Institut Ungu  Kartika Jahja (kanan atas) dan Co-Founder Aliansi Laki-laki Baru Nur Hasyim (kiri bawah)  serta Presenter Elliza Hasan saat webinar Inspiring Women 2022, Kamis (19/5/2022).  Webinar dalam rangkaian acara BeritaSatu Inspiring Women 2022 ini mengambil tema Perempuan Ada untuk Setara. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Inspiring Women 2022. Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga (kanan bawah), Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian PPPA Ratna Susianawati (tengah bawah), Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (tengah atas), Wakil Direktur Institut Ungu Kartika Jahja (kanan atas) dan Co-Founder Aliansi Laki-laki Baru Nur Hasyim (kiri bawah) serta Presenter Elliza Hasan saat webinar Inspiring Women 2022, Kamis (19/5/2022). Webinar dalam rangkaian acara BeritaSatu Inspiring Women 2022 ini mengambil tema Perempuan Ada untuk Setara. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Kementerian PPPA: Kesetaraan Gender Jadi Isu Prioritas

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:59 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Kesetaraan gender menjadi isu prioritas yang dilakukan pemerintah pada saat ini hingga lima tahun ke depan. Hal itu diutarakan oleh Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ratna Susianawati, saat berbicara dalam acara BeritaSatu Inspiring Women 2022 bertema “Perempuan Ada untuk Setara” di Beritasatu News Channel, Kamis (19/5/2022).

Ratna menegaskan, dalam lima tahun ke depan, Kementerian PPPA ingin memastikan masalah kewirausahaan berperspektif gender, penurunan angka-angka kekerasan, hingga pencegahan perkawinan usia anak. "Hal tersebut menjadi isu prioritas kami untuk 5 tahun ke depan," ujarnya.

Advertisement

Baca juga: Matrixport: Kripto Dorong Kesetaraan Gender

Lebih lanjut dia mengatakan, kesetaraan gender bisa menjadi evaluasi untuk semua bagaimana memastikan peran laki-laki dan perempuan sama dan mereka berbagi tanggung jawab.

"Karena bicara kesetaraan gender support laki-laki ini penting. Namun tentunya kalau bicara adil dan setara itu juga semuanya," ungkapnya.

Selain itu, Ratna menyebut, pihaknya juga akan memastikan adanya perlindungan bagi perempuan dari tindakan kekerasan dan perlakuan diskriminatif. Pihaknya juga melakukan upaya pemberdayaan.

"Kalau kita melihat kemajuan sudah banyak dirasakan bagi perempuan terkait kesetaraan gender," sambungnya.

Di sisi lain, Ratna menuturkan, berbicara 'Indonesia Emas' dengan kemajuan ekonomi dari sektor UKM, 60% adalah perempuan. "Di sektor ini yang kemudian memiliki kekuatan di tengah situasi pandemi Covid-19 dua tahun lalu. Harus didorong, dimaksimalkan bagaimana partisipasi perempuan dan laki-laki," tutupnya.

Baca juga: Kepemimpinan di Citi Refleksikan Kesetaraan Gender

Sebagai informasi, penyelenggaraan BeritaSatu Inspiring Women 2022 dengan tema “Perempuan Ada untuk Setara” membutuhkan kegiatan pendukung, di antaranya talk show. Kegiatan ini merupakan upaya untuk terus menggaungkan dan mendukung perwujudan kesetaraan gender melalui peningkatan peran perempuan di tingkat nasional maupun global.

Upaya mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia juga tak bisa lepas dari peran kaum pria untuk mendukungnya. Selain itu, tentu saja kaum perempuan tetap ikut berperan aktif dengan meningkatkan kapasitas diri agar bisa setara dengan pria di berbagai bidang.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN