Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:12 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G  Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali kehidupan beragama.

Hal tersebut ditegaskan Menkominfo usai penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU),di sela-sela Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta, Jumat (20/5/2022) malam. "Nahdlatul Ulama bisa memanfaatkan teknologi digital untuk syiar nilai-nilai agama," kata Johnny.

Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Menkominfo Johnny G  Plate, dan Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf ini, terkait kerja sama percepatan transformasi digital. Pemerintah, kata Johnny, tidak bisa bekerja sendiri dalam mengakselerasi transformasi digital. Untuk itu harus bekerja sama dengan sejumlah elemen bangsa, yang salah satunya dalam hal ini dengan NU.

"Nota kesepahaman ini merupakan tonggak sinergi untuk  bersama mendorong ekosistem digital yang lebih produktif, bermanfaat, dan bertanggung jawab," kata Menkominfo.

Percepatan transformasi digital, Menkominfo menambahkan, tentu akan menjadikan pesantren-pesantren NU terkoneksi dengan jaringan internet. Kondisi itu akan membuat para santri dan guru-guru pesantren bisa memanfaatkan berbagai program Kemkominfo, seperti Gerakan Nasional Literasi Digital dan Digitak Talent Scholarship. 

Pada kesempatan tersebut, Menkominfo juga mengatakan bahwa percepatan transformasi digital akan berpihak pada usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM0) melalui program UMKM Go Digital dan program adopsi teknologi digital 4.0 bagi UMKM.

"Sebanyak 10 ribu UMKM yang dibangun NU seperti dikatakan Ketua PBNU tadi, bisa memanfaatkan teknoligi digital," kata Johnny.

Sementara saat yang sama, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, menyambut baik dan menyampaikan terima kasihnya atas penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak, PBNU dan Kemkominfo.

"PBNU memang banyak bekerja sama dengan pemerintah. Dan kali ini dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Menkominfo.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN