Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat acara KaTa Kreatif Indonesia 2022, di Kabupaten Pamekasan, Rabu, (24/5/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat acara KaTa Kreatif Indonesia 2022, di Kabupaten Pamekasan, Rabu, (24/5/2022).

Menteri Sandiaga Dorong Pamekasan Perkuat Ekosistem Ekraf

Rabu, 25 Mei 2022 | 18:40 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

PAMEKASAN, investor.id – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar kegiatan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022, di Kabupaten Pamekasan, Rabu, (24/5/2022).

Ini merupakan acara KaTa kesembilan yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf. Sebelumnya ke Pamekasan, acara serupa dilaksanakan di Kabupaten Sumenep.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan Kabupaten Pamekasan mempunyai potensi hortikultura, industri, dan perdagangan, pariwisata berbasis kearifan lokal. Potensi-potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha pelaku ekraf. Kreativitas, inovasi, dan peningkatan penggunaan tekhnologi akan memperluas jangkauan pasar.

Di samping itu, baru-baru ini Kabupaten Pamekasan menyelenggarakan event yang menampilkan produk fesyen lokal berkualitas internasional yaitu Pamekasan Fashion Week yang akan menjadi agenda tahunan dan sebagai ajang pameran produk ekonomi kreatif dan sebagai ruang untuk mengembangkan jaringan dan pertemuan para pelaku ekraf.

Kemudian, beberapa program Kabupaten Pamekasan seperti Sepuluh Ribu Pengusaha Baru (Saputangan Biru) dan program Warung Milik Rakyat (WAMIRA Mart). “Begitu banyaknya potensi ekraf yang dimiliki Kabupaten Pamekasan saya optimistis dapat memberikan sumbangsih nyata bagi kemajuan ekonomi bangsa. Untuk Program WAMIRA Mart sendiri bahkan memiliki satu misi yang sama dengan Program Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia, yaitu mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif dan mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan”, terang Menteri Sandiaga Uno.

Disampaikan Menteri Sandiaga Uno, workshop ini merupakan salah satu langkah untuk mendorong subsektor ekonomi kreatif unggulan di Kabupaten Pamekasan untuk menjadi penggerak bagi subsektor ekraf lainnya. "Melalui workshop ini juga diharapkan dapat mendorong pelaku ekraf Kabupaten Pamekasan untuk lebih giat melakukan ekspansi pasar melalui media digital sehingga dapat mendorong peningkatan capaian ekonomi, mengakselerasi bangkitnya ekonomi kreatif, menciptakan lapangan kerja,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, Kabupaten Pamekasan diharapkan bisa segera mengikuti program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Program PMK3I merupakan salah satu wujud inovasi, adaptasi dan kolaborasi dari kabupaten/kota terkait, termasuk Kabupaten. “Jadi program ini untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik,” urainya lagi.

Sandi mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif untuk tetap semangat dalam upaya melakukan pemulihan dan stabilisasi ekonomi dengan memaksimalkan penggunaan sarana prasarana dan juga teknologi informasi, sehingga tetap dapat menciptakan perubahan positif, serta menjadikan potensi wisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif penggerak perekonomian.

Workshop KaTa Kreatif Indonesia di Kabupaten Pamekasan diikuti oleh sebanyak 35 peserta dari subsektor kriya dan fesyen dari berbagai wilayah di Kabupaten Pamekasan. Peserta juga wajib mendaftarkan diri melalui website resmi KaTa Kreatif Indonesia dan melampirkan bukti surat keterangan sudah menjalankan usaha selama minimal enam bulan dari pemerintah setempat. Mekanisme ini merupakan bagian dari strategi inovasi penggunaan teknologi big data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno acara ini juga dihadiri oleh Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam. Adapun nara sumber workshop ini adalah, Prasetyo Adi S, CEO Kawakibi Digital Branding yang memberikan materi pembelajaran branding dan digital marketing serta mempraktekkan sekaligus berbagi pengalaman. 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN