Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan, memberikan pengalungan kepada peserta delegasi Y-20 yang tiba di Manokwari, Papua Barat, Jumat, 17 Juni 2022 (Foto: Beritasatu.com)

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan, memberikan pengalungan kepada peserta delegasi Y-20 yang tiba di Manokwari, Papua Barat, Jumat, 17 Juni 2022 (Foto: Beritasatu.com)

Delegasi Y-20 Tiba di Manokwari Disambut Tarian Adat Papua

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:53 WIB
Edy Musahidin (redaksi@investor.id)

MANOKWARI, investor.id - Para delegasi Youth Twenty (Y-20) yang tiba di Manokwari, Papua Barat, Jumat (17/6), disambut dengan prosesi adat serta pengalungan bunga kepada para delegasi dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Barat Nataniel Mandacan, Jumat (17/6).

Selain acara penyambutan pemberian kalungan bunga kepada delegasi yang dilakukan oleh Sekda Provinsi Papua Barat Nataniel Mandacan, juga dilakukan prosesi injak piring disertai penampilan tari-tarian adat tradisional Papua yang menyemarakkan penyambutan para delegasi Y-20 tersebut di Tanah Papua.

Advertisement

Para delegasi Y-20 tiba di Manokwari sekitar pukul 13.15 WIT, Jumat siang, dengan mengunakan maskapai Batik Air nomor penerbangan ID 6150. Acara penyambutan para delegasi berlangsung di Bandara Rendani Manokwari.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, dalam penyambutan tersebut, turut mendampingi sekda Papua Barat yakni perwakilan dari Kodam XVIII Kasuari, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing, Kepala Fasharkan TNI AL Manokwari Kolonel Laut (T) Purwoko Hadijantono, Ketua Panitia Melkias Werinussa, Wakil Ketua Panitia Prof Dr Charlie D Heatubun, dan Kepala Biro Perekonomi Kantor Gubernur Papua Barat Jerferson Jefry Auparay.

Kehadiran para delegasi di Papua Barat tersebut, dalam rangka Y-20 Pre Summit IV atau platfom pemuda-pemudi dari semua negara G-20 untuk berdialog, bernegosiasi serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia.

Hasil utama dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y-20 adalah rekomendasi kebijakan yang akan diberikan kepada para pemimpin negara G-20.

Melkias Werinussa selaku Ketua Lokal Pelaksana Kegiatan W-20 (Women Twenty) Y-20 Pre Summit IV Provinsi Papua Barat mengatakan, total keseluruhan peserta yang hadir dari Indonesia sebanyak 54 orang, dan puluhan delegasi internasional dari sejumlah negara.

"Yang hadir dari tingkat nasional atau Indonesia sebanyak 56 orang, 2 orang batal jadi hanya 54 orang. Sedangkan delegasi internasional ada 17 hingga 20 orang juga termasuk dari World Bank," kata Melkias Werinussa

Sebagaimana diberitakan, kegiatan focus group discussion (FGD) yang diikuti 54 orang delegasi Indonesia sedang berlangsung di Aula SMAN Taruna Kasuari, Manokwari. Ke-54 orang tersebut mendapatkan berbagai materi pengetahuan untuk melakukan diplomasi internasional yang nantinya akan masuk pada FGD. Proses ini dilakukan sebagai persiapan untuk melaksanakan sidang pada Sabtu (18/6) besok.

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN