Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia. (Foto: Beritasatu.com)

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia. (Foto: Beritasatu.com)

Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo

Jumat, 1 Juli 2022 | 18:17 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melepas jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN dan RB) Tjahjo Kumolo untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Sementera, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi inspektur upacara (Irup) pemakaman almarhum.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyanti kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Rini mengatakan Tjahjo Kumolo meninggal dunia dikarenakan sakit di RS Abdi Waluyo pada hari ini, pukul 11.10 WIB. Almarhum sempat dirawat selama sekitar dua pekan.

“Rencananya hari ini akan dimakamkan di TMP Kalibata dan akan disembahyangkan di Masjid Quba di Kementerian PAN dan RB,” kata Rini Widyanti.

Prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara akan dilakukan seusai disalatkan di Masjid Quba. Prosesi penerimaan jenazah Tjahjo Kumolo akan dipimpin oleh Mahfud MD yang saat ini menjabat sebagai ad interim Menteri PAN dan RB.

Baca juga: Jenazah Tjahjo Kumolo Dimakamkan di TMP Kalibata

Setelah itu, jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Rencananya jenazah akan dimakamkan secara militer dengan Pratikno yang akan bertindak sebagai Irup.

"Kami menginformasikan yang menjadi Irup di kantor Kemenpan ialah Menko Polhukam sebagai Menpan dan RB dan yang menjadi Irup di TMP ialah Mensesneg," kata Rini.

Dalam kesempatan ini, Rini mewakili keluarga besar Kementerian PAN dan RB meminta masyarakat mendoakan almarhum.

“Jadi saya dan keluarga besar Kementerian PAN dan RB memohonkan maaf atas segala kekhilafan atau kesalahan yang Bapak Tjahjo Kumolo. Saya mohon keikhlasan dan doa untuk Bapak Tjahjo,” ungkap Rini Widyanti.

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo adalah kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen PDIP. Tjahjo mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 setelah dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: Jokowi Kenang Tjahjo sebagai Nasionalis Sejati

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menteri PAN dan RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Ia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI.

Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari PDIP dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com