Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jalur Puncak Ditutup

Jalur Puncak Ditutup

Ganjil Genap Jalur Puncak Permanen, Polisi Belum Tereapkan Sanksi

Minggu, 3 Juli 2022 | 12:10 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

BOGOR, Investor.id - Polres Bogor belum menerapkan sanksi terhadap pelanggar kebijakan ganjil genap Jalur Puncak di Jawa Barat, meski Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 telah diberlakukan.

Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 berisi tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi- Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075. Aturan tersebut mengatur bahwa ganjil genap Jalur Puncak akan diberlakukan pada hari libur nasional dan setiap akhir pekan.

Advertisement

"Iya permanen, berlaku tiga hari di setiap akhir pekan, yaitu mulai Jumat pukul 14.00 WIB sampai Minggu pukul 24.00 WIB. Begitu juga di hari libur nasional, ganjil genap berlaku H-1 mulai jam dua siang sampai jam dua belas malam hari libur nasional nya," kata Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Minggu, (3/7/202).

Kata dia, aturan tersebut keluar setelah uji coba penerapan ganjil genap diterapkan kepolisian. Dari hasil uji coba, ganjil genap itu berhasil mereduksi mobilitas warga saat liburan. "Sebab tiap akhir pekan bisa dipastikan jalur ini mengalami kemacetan akibat padatnya kendaraan," kata Ketut.

Artinya, kata dia, tak ada penumpukan dan kepadatan pengunjung yang signifikan selama ganjil genap diberlakukan. Menurut dia, saat ini, Polres Bogor tengah membahas sanksi pelanggar ganjil-genap di kawasan Puncak. Ketut menyebut sanksi yang diterapkan disesuaikan dengan kearifan lokal dan kebijakan lalu lintas di kawasan tersebut.

"Namun pemberian sanksi itu dikembalikan kepada kebijakan wilayah, kami belum menerapkan, seperti di Jakarta," ucapnya.

Kebijakan demi menekan arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Jalur Puncak Bogor dan Sentul. Setidaknya 8 pos penjagaan yang jadi titik pemeriksaan ganjil genap di jalur tersebut.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN