Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala KSP Moeldoko dalam forum INVESTOR DAILY SUMMIT 2021, hari ke-2 Rabu (14/7/2021). Investor Daily Summit 2021 mengangkat tema Mengakselerasi Momentum Pertumbuhan, sebagai rangkaian HUT Investor Daily ke-20 Tahun. Investor Daily/David Gita Roza

Kepala KSP Moeldoko dalam forum INVESTOR DAILY SUMMIT 2021, hari ke-2 Rabu (14/7/2021). Investor Daily Summit 2021 mengangkat tema Mengakselerasi Momentum Pertumbuhan, sebagai rangkaian HUT Investor Daily ke-20 Tahun. Investor Daily/David Gita Roza

Moeldoko: Pesantren Pusat Pembentukan Karakter SDM Unggul

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:02 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan Pesantren merupakan pusat pembentukan karakter sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Demikian pernyataan Moeldoko saat menghadiri Dzikir Akbar Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani, di Pondok Pesantren Al-Baghdadi, di Karawang Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022).

Advertisement

Baca juga: Moeldoko Pastikan Pemerintah Peduli Kesejahteraan Seniman dan Budayawan

Moeldoko didampingi Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Rumadi Akhmad. Kedatangan Moeldoko disambut pengasuh Ponpes KH Junaedi Al-Baghdadi dan puluhan ribu jamaah yang sejak sore sudah memadati lokasi acara.

Sebelum melaksanakan dzikir bersama, Moeldoko didaulat untuk menyampaikan orasi kebangsaan. Tampil dengan setelan jas dan peci hitam, Panglima TNI 2013-2015 itu bicara soal pembentukan karakter bangsa.

Moeldoko dalam orasinya menegaskan bahwa pesantren merupakan pusat pembentukan karakter SDM yang unggul. Membangun karakter bangsa sangat dipengaruhi oleh keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan. "Saya dulu kalau tidak jadi anak langgar (surau/musala) mungkin tidak akan jadi Jenderal. Di situ saya digembleng, diajari disiplin, diajari ngaji, diajari saling berbagi. Dan semua itu terbawa sampai saat ini," lanjut Moeldoko.

Berangkat dari pengalamannya itu, Moeldoko menyebut, bahwa Pesantren merupakan pusat pembentukan karakter yang bisa melahirkan sumber daya manusia unggul. Terlebih, jika ditambah dengan adanya majelis - majelis dzikir, seperti di Ponpes Al-Baghdadi.

"Pesantren dan majelis-majelis dzikir seperti inilah yang akan membentuk karakter bangsa. Karena dari sinilah, akan lahir SDM-SDM unggul dan berkarakter," ujar Moeldoko.

Baca juga: Moeldoko Ajak Swasta Ciptakan Ekosistem Talenta Digital Indonesia

Moeldoko juga menyampaikan beberapa capaian Presiden Jokowi. Seperti pembangunan infrastruktur, pengendalian COVID19, dan pemulihan ekonomi nasional. "Presiden Jokowi bercita-cita 2045 Indonesia Maju. Mari bersama-sama kita wujudkan cita-cita beliau," terang Moeldoko sekaligus menutup orasinya.

Dzikir Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani, di Pondok Pesantren Al-Baghdadi, digelar seminggu sekali, setiap sabtu. Bertempat di lapangan pesantren seluas 3 hektare, majelis dzikir diikuti puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN