Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: BeritasatuPhoto/Ruht Semiono

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: BeritasatuPhoto/Ruht Semiono

Soal Kegiatan Y20, Anies Baswedan Sebut Pemuda sebagai Pemilik Masa Depan

Senin, 18 Juli 2022 | 21:09 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pemuda sebagai pemilik masa depan. Pemuda tidak memiliki beban untuk membicarakan apa pun.

Hal itu Anies sampaikan saat konferensi pers usai memberikan sambutan di acara Youth 20 (Y20) yang digelar di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Menurut Anies, kegiatan Y20 merupakan kesempatan bagi anak-anak muda Indonesia untuk menunjukkan diri mereka sebagai warga dunia untuk membahas masa depan.

"Saya sampaikan keunikan dari anak muda adalah punya banyak besok dibandingkan kemarin. Sedangkan yang lain lebih banyak punya kemarin daripada besok. Karena itu, masa depan milik anak muda," jelas Anies.

Baca juga: Direktur Muda Wika: Belajar Tak Pandang Umur   

Bukan cuma itu, ia juga menekankan kepada anak muda Indonesia dan para delegasi yang hadir untuk membahas tema-tema yang mungkin di arena-arena atau forum-forum lain sulit dibicarakan.

Pasalnya, pikir Anies, anak muda tidak memiliki beban untuk membicarakan apa pun, sebab mereka tidak mewakili kelompok manapun. Tetapi, anak muda mewakili masa depan.

Sebagai perwakilan masa depan, katanya, mereka berhak dan harus membicarakan hal-hal yang sulit dibahas di forum lain. "Jadi, ini kesempatan emas bagi Indonesia dan Jakarta di mana anak-anak mudanya menunjukkan kapasitas keterwakilan untuk membahas masa depan," ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh kegiatan ini dan ikut memfasilitasi. Namun, lebih penting dari itu, Anies juga merasa bangga dengan anak-anak muda Jakarta dan Indonesia.

"Kami berharap, mereka bisa membuat seluruh delegasi punya kesan impresif tentang Jakarta dan Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Kawula Muda Harus Ikut Atasi Tantangan Global

Sementara itu, Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar menambahkan, tujuan dari kegiatan Y20 ini untuk memberikan insipirasi kepada seluruh delegasi dari negara-negara G20 dan negara-negara sahabat.

"Jadi, tujuannya untuk memberikan inspirasi dan menunjukkan keberagaman Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Indonesia," tuturnya.

Untuk itu, kata Michael, selanjutnya para delegasi akan dibawa keliling ke Jakarta International Stadium dan menaiki kapal pinisi di pantai utara Jakarta. Lalu, mengunjungi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

"Setelah dari Jakarta, para delegasi akan kita bawa ke Bandung untuk menuntaskan deklarasi pemuda dunia. Harapan kami hasil dari pertemuan ini akan dituntaskan dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo ketika acara penutupan," pungkasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com