Menu
Sign in
@ Contact
Search
Para peserta KTT Y20  akan merekomendasikan  sejumlah kebijakan kepada Presiden Jokowi.

Para peserta KTT Y20 akan merekomendasikan sejumlah kebijakan kepada Presiden Jokowi.

Y20 Rekomendasikan Sejumlah Kebijakan kepada Presiden Jokowi

Senin, 18 Jul 2022 | 21:58 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor - Para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 Summit yang digelar  di Indonesia akan   merekomendasikan sejumlah  kebijakan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk turut dimasukkan  dalam pembahasan G20.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar mengatakan, pada pertemuan Y20, pemuda dari sejumlah negara membahas empat isu prioritas. "Ada empat isu prioritas yang dibahas pada Y20 tahun ini. Pertama soal tenaga kerja pemuda. Jadi, kita bicara masa depan dunia kerja dan social protection seperti apa yang dibutuhkan pemuda zaman sekarang," ucap Michael dalam konferensi pers, di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (18/7).

Menurut dia, banyak pemuda yang saat ini bekerja di lapangan, baik di sektor formal maupun informal. Selain dunia kerja, pertemuan pemuda di Y20 ini mengangkat topik transformasi digital untuk melihat digitalisasi yang terjadi masif saat ini. “Sekarang semua bergerak menuju ekonomi digital,” tutur dia.

Michael Victor Sianipar mengungkapkan, isu selanjutnya yaitu mengenai keberlangsungan planet atau menyangkut planet yang berkelanjutan. Adapun isu keempat adalah keberagaman dan inklusi.

Advertisement

"Dari semua topik itu, kita memunculkan rekomendasi kebijakan yang disusun dalam bentuk dokumen yang kita sebut komunike atau deklarasi pemuda dunia," tandas dia.

Dokumen tersebut, kata Michael, akan ditandatangani secara bersama-sama. Dokumen tersebut diharapkan dapat diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Sebab, hal itu merupakan tradisi di Y20 dari tahun ke tahun.

Dia menjelaskan, setelah dokumen itu ditandatangani, para pemuda dapat mengawal agar rekomendasi kebijakan tersebut dapat diadopsi dan dibahas di level pertemuan kepala negara pada forum G20, di Bali.

Dengan demikian, menurut Michael, saat kepala negara berkumpul, mereka bukan hanya membahas persoalan global kekinian, tapi juga perspektif pemuda di masa depan.

Untuk itu, ia berharap Y20 banyak berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) dan pihak lainnya untuk melihat betapa pentingnya peran pemda untuk menindaklanjuti ide-ide pemuda dunia.

"Jadi, kita harus bumikan ide-ide atau usulan kebijakan tersebut. Bukan cuma antara negara, tapi juga di Indonesia, di pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tegas Michael.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com