Menu
Sign in
@ Contact
Search
Puncak padat dan Polres Bogor mulai memberlakukan one way dari Jakarta mengarah ke Puncak, Jawa Barat pada Selasa 3 Mei 2022. (FOTO: BeritaSatu Photo / Vento Saudale)

Puncak padat dan Polres Bogor mulai memberlakukan one way dari Jakarta mengarah ke Puncak, Jawa Barat pada Selasa 3 Mei 2022. (FOTO: BeritaSatu Photo / Vento Saudale)

Perayaan Tahun Baru Islam, Jalur Puncak Berlaku Ganjil Genap dan One Way

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:47 WIB
Vento Saudale (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Libur Tahun Baru Islam 1444 hijriah, Sabtu (30/7/2022), Polres Bogor memberlakukan rekayasa ganjil genap dan sistem satu arah atau one way untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan di Kawasan Puncak. 

Ketentuan ganjil genap mulai diberlakukan pada pukul 14.00 hingga 24.00 WIB di Jumat, (29/7/2022), juga Sabtu dan Minggu, (30-31/7/2022) mulai pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

KBO Lantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana menuturkan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor memberlakukan kebijakan aturan ganjil genap  kendaraan di jalur wisata Puncak, mulai Jumat kemarin. "Sesuai ketentuan, Jumat hanya kendaraan berpelat ganjil yang diperkenankan melintas ke Puncak. Sedangkan hari ini, berlaku pelat genap dan besok kembali ganjil," kata Ketut mengkonfirmasi, Sabtu pagi. 

Ketut berharap agar masyarkat yang berpergian ke Puncak bisa mengikuti atau mengendarai pelat nomor sesuai dengan tanggal berlaku ganjil atau genap.

Selain itu, jika volume kendaraan terus meningkat, polisi akan memberlakukan sistem satu arah atau one way secara situasional. Pun demikian, melihat kondisi pada hari libur sebelumnya. Kebijakan satu arah biasanya dilakukan pada pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan dari bawah atau Jakarta/Bogor menuju Puncak dan pada sore hari sebaliknya memprioritaskan kendaraan dari atas atau Puncak mengarah ke Jakarta/Bogor.

"Kita melihat situasi di lapangan dengan waktu (jam) dan durasi (lamanya) one way yang belum ditentukan atau situasional," jelas Ketut.

Pantauan Jumat kemarin, lanjut Ketut, kendaraan ramai lancar dan pada malam hari bertepatan malam Tahun Baru Islam beberapa titik terpantau padat karena ada kegiatan pawai obor masyarakat menyambut 1 Muharram. "Untuk Sabtu pagi, kendaraan dari Jakarta/Bogor menuju Puncak sudah cukup ramai lancar. Kemungkinan dalam beberapa jam ke depan akan diberlakukan one way," tambah Ketut.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com