Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU),

Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU),

Baru 12 Parpol Mendaftar, KPU Ingatkan Parpol Tidak Daftar di Injury Time

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)
 
 
JAKARTA, investor.id - Anggota KPU Yulianto Sudrajat mengingatkan partai politik calon peserta Pemilu Serentak 2024 untuk tidak mendaftar di masa injury time atau hari-hari terakhir pendaftaran. Pasalnya, tepat Pukul 23.59 WIB tanggal 14 Agustus 2022, pendaftaran parpol resmi ditutup termasuk akses ke akun Sipol juga ditutup.
 
Hingga hari kelima, Jumat (5/8/2022), baru terdapat 12 parpol yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024. Dari jumlah tersebut, 9 partai dinyatakan telah lengkap dokumen pendaftaran dan berstatus terdaftar dan 3 parpol lainnya belum lengkap dokumen pendaftarannya.
 
"KPU telah mengimbau kepada parpol untuk memanfaatkan waktu mulai tanggal 1-14 
Agustus 2022 untuk mendaftar, terutama di hari-hari awal agar KPU dapat lebih optimal 
melayani parpol yang hadir,” ujar Yulianto dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (6/8/2022).
 
Sembilan parpol yang dokumen pendaftarannya lengkap, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia atau Partai Garuda dan Partai Demokrat.
 
Sementara tiga partai yang belum lengkap dokumen pendaftarannya adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Reformasi dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai). 
 
Jika pendaftaran ditutup, maka parpol sudah tidak bisa lagi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024. Parpol juga memiliki waktu yang cukup untuk melengkapi berkas pendaftaran kalau mendaftar pada hari-hari awal pendaftaran.
 
Lebih lanjut, Yulianto berpesan kepada pemilih di seluruh Indonesia menyaksikan 
live streaming channel Youtube KPU RI untuk terus mengikuti perkembangan dan kemeriahan pada tahap pendaftaran parpol ini.
 
“Siaran langsung adalah bagian dari sarana informasi yang KPU berikan kepada publik. Tidak hanya soal pendaftaran parpol, tapi ke depan juga seluruh tahapan-tahapan, termasuk tahapan sosialisasi yang terus akan memberikan informasi dan edukasi kepada seluruh pemilih dan masyarakat luas,” pungkas Yulianto.

Editor : Komang (komang_99@yahoo.com )

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com