Menu
Sign in
@ Contact
Search
Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Antara)

Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: Antara)

HUT Ke-77 RI, Ini Pernyataan SBY

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:06 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh dan pantang menyerah saat menghadapi tantangan.

"Bahwa bangsa Indonesia sejak era kemerdekaan hingga sekarang ini adalah bangsa yang tangguh, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang kuat," kata SBY saat memberikan ucapan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: HUT RI ke-77, Megawati Ingatkan Kemerdekaan adalah Jembatan Emas

Kemudian, SBY mengungkapkan ada 2 pengalaman yang ingin dibagikannya. Pertama adalah kebersamaan dan ketangguhan bangsa Indonesia dalam menghadapi bencana tsunami akhir 2004, bencana terdahsyat di dunia di awal abad 21. Serta bencana-bencana lain seperti gempa di Yogyakarta dan gempa Padang yang skalanya besar.

"Sebagai presiden tentu saya menjalankan kepemimpinan dan manajemen krisis. Saya mencatat kebersamaan dan kerja keras kita dulu sungguh luar biasa besarnya. Akhirnya Alhamdulillah bencana bisa kita atasi dan semua daerah yang terkena bencana bisa kita bangun kembali," ujar SBY.

Pengalaman kedua, lanjut SBY, ketika Indonesia terdampak oleh krisis ekonomi global tahun 2008 dan 2009. Krisis yang merontokkan ekonomi hampir semua negara.

Baca juga: Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-77, Jokowi Pakai Baju Adat dari Buton

"Lagi-lagi kita tidak panik, tidak kehilangan semangat dan kehilangan akal dan tidak menyalahkan keadaan. Kita bersatu dan bekerja bersama, mulai dari pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, para ekonom, para pelaku bisnis, para organisasi pekerja, pers dan media, dan masyarakat luas. Itulah kebersamaan kita, persatuan kita. Dan, daya juang yang kita tunjukkan dulu. Ekonomi tumbuh rata-rata 6% setelah itu, dan kesulitan rakyat bisa kita kurangi secara signifikan," tutur SBY.

"Saya yakin generasi bangsa Indonesia mana pun akan tetap memiliki ketangguhan dan daya juang ini. Dirgahayu Indonesia," tutup SBY.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com