Menu
Sign in
@ Contact
Search
Megawati Soekarnoputri. (Foto: Beritasatu.com)

Megawati Soekarnoputri. (Foto: Beritasatu.com)

Megawati Sampaikan Pesan di HUT Kemerdekaan, Ini Katanya...

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan pesan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI. Megawati menegaskan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang, yang memiliki daya juang untuk menghadapi krisis global akibat pandemi Covid-19.

“Rakyat Indonesia bangsa Indonesia itu mempunyai sebuah kekuatan yang luar biasa. Karena harus kita ingat pada masa saya itu ke Indonesia ikut terdampak dengan krisis global, masalah Ekonomi, keuangan, kita juga mengalami suatu dampaknya yang cukup berat,” kata Megawati Soekarnoputri yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Ia mengingatkan masalah kasus korupsi BLBI, yang sejak dirinya menjadi Wakil Presiden hingga Presiden, kasus tersebut ditangani dengan serius. “Sehingga di dalam masalah persoalan itu kita ingat ada yang namanya BLBI yang pada waktu dari sejak Wapres sampai ke Presiden itu termasuk harus saya tangani dengan serius,” ujar Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, Ini Pernyataan SBY

Menurutnya, Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam penanganan krisis global. Pemerintah bisa cepat mengantisipasi dan menangani krisis global tersebut dikarenakan adanya partisipasi rakyat di dalamnya.

“ Yang kalau bukan karena ikut sertanya rakyat di dalam ketahanannya ikut berproses menangani krisis tersebut, tidak bisa saya kira pemerintah akan secepat itu menanganinya. Sebagai sebuah contoh bahwa kita bisa melunasi dengan baik hutang-hutang kita melalui IMF itu adalah sebuah kekuatan yang harus terus dipelihara,” terang Megawati Soekarnoputri.

Megawati menegakan kemerdekaan Indonesia yang berhasil dipertahankan hingga kini, selama 77 tahun, harus terus dijaga dan dipertahankan. Harus terus diwariskan dari generasi ke generasi, karena mempertahankan sebuah kemerdekaan bukan suatu hal yang mudah.

“Karena bukan sebuah hal yang gampang. Kita tahu dari sejarah bangs akita, kit aini merdeka bukan karena diberi, tetapi karena semangat juang untuk mau merdeka. Yang sekarang karena sudah merdeka, ini jangan dianggap sebagai sebuah take it for granted. Atau artinya, ya sudah, sudah merdeka ya sudah merdeka,” tegas Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: HUT RI ke-77, Megawati Ingatkan Kemerdekaan adalah Jembatan Emas

Kemerdekaan yang diperoleh dengan perjuangan harus terus dipelihara. Salah satunya dengan menceritakan perjuangan kemerdekaan kepada generasi penerus bangsa sehingga cerita sejarah itu dapat terus menerus diwariskan.

“Tetapi seharusnya itu terus dipelihara. dan cara memeliharanya itu tidak bisa kalau tidak diceritakan, jadi sebagai sebuah cerita yang terus-menerus diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lain,” tutur Megawati Soekarnoputri.

Ia mencontohkan, bangsa Indonesia mampu dalam mengatasi pandemi Covid-19 dengan baik. Baik dari sisi kesehatan maupun sisi ekonominya semua dapat diatasi dan berjalan dengan baik. Dengan semangat juang mempertahankan kemerdekaan, semua itu bisa dilalui dengan baik.

“Itulah nilai-nilai yang seperti tadi saya katakan, kita ini pejuang,” tukas Megawati Soekarnoputri.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com