Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. ( Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / POOL / AFP )

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. ( Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / POOL / AFP )

Rilis Pernyataan terkait HUT RI, AS: Bangga Bersahabat dengan Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:11 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyatakan kebanggaannya atas sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara AS dan Indonesia.

“Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022,” kata Blinken dalam pernyataan yang dirilis Departemen Luar Negeri AS terkait Hari Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut Blinken menyatakan dukungan AS bagi kepemimpinan global Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini dan menantikan Keketuaan ASEAN 2023 Indonesia.

Baca juga: Flypass Pesawat Tempur dan Bendera Raksasa Meriahkan HUT Ke-77 RI

“Amerika Serikat merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini saat kami bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tutur dia.

“Atas nama Amerika Serikat, saya mengirimkan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan Hari Kemerdekaan ini,” ujar Blinken.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden juga menyampaikan selamat atas peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, Ini Pernyataan SBY

Dalam pesannya, Biden mengatakan bahwa, sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan kemerdekaan di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi yang mirip di antara kedua negara, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum".

E Pluribus Unum adalah semboyan atau moto Amerika Serikat. Kalimat itu diambil dari bahasa Latin dan secara harafiah berarti "Dari banyak menjadi satu".

Moto dari kedua negara, menurut Biden, menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat yang beragam.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com