Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Ketua KPK: Indonesia Benar-benar Merdeka jika Bebas dari Kejahatan Korupsi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:15 WIB
Muhammad Aulia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memberikan penilaiannya soal makna kemerdekaan pada peringatan HUT ke-77 RI kali ini. Dia menilai, merdeka yang sesungguhnya yakni saat Indonesia sudah terbebas dari masalah korupsi.

“Tidak berlebihan jika saya katakan, merdeka itu sejatinya ketika bangsa dan negara kita benar-benar bersih dan bebas dari segala bentuk korupsi,” ungkap Firli dalam keterangannya, Rabu (17/8/2022).

Untuk itu, dengan semangat HUT ke-77 RI, Firli mengajak semua anak bangsa untuk terus berkomitmen memberantas korupsi. Dia menegaskan pentingnya semua pihak untuk bersatu dalam upaya pemberantasan korupsi.

Baca juga: Flypass Pesawat Tempur dan Bendera Raksasa Meriahkan HUT Ke-77 RI

Firli juga menjelaskan, banyak negara gagal meraih tujuannya karena persoalan korupsi. Oleh sebab itu, dia menegaskan sudah saatnya seluruh anak bangsa turut andil memberantas korupsi melalui penguatan integritas serta kejujuran yang dibalut kekuatan moral dan akhlak yang tinggi.

Dia lalu menyinggung soal pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu yang menyebutkan perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat. Keamanan, ketertiban sosial, serta stabilitas politik merupakan kunci. Selain itu, negara harus menjamin rasa aman dan keadilan serta menjadikan pemberantasan korupsi prioritas utama.

“Saya sangat sependapat dengan Bapak Presiden, dan atas hal itulah, KPK mantap senantiasa memperkuat sinergitas dengan Polri dan Kejaksaan dalam hal pemberantasan korupsi, yang menjadi persoalan prioritas bangsa yang harus cepat diatasi,” ungkapnya.

Baca juga: Rilis Pernyataan terkait HUT RI, AS: Bangga Bersahabat dengan Indonesia

Dia menegaskan, pemerintah serius dalam upaya pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan serta penegakan hukum terus dilakukan tanpa pandang bulu. Hal itu selaras dengan penegakan nilai-nilai demokrasi yang tidak bisa ditawar.

“Berbicara penegakan hukum, KPK sudah tentu tidak dapat berjalan sendiri melakukan tugas dan kewajibannya sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di negeri ini. Peran aktif serta dukungan seluruh eksponen bangsa sangat diperlukan dalam perang melawan laten korupsi dan perilaku koruptif yang telah menjadi penyakit kronis di republik ini,” tegasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com