Menu
Sign in
@ Contact
Search
Nadiem Makarim. (Foto: Antara)

Nadiem Makarim. (Foto: Antara)

UPH Festival: Nadiem Ajak Mahasiswa Manfaatkan Program MBKM

Kamis, 25 Agustus 2022 | 15:59 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

TANGERANG, Investor.id -  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak mahasiswa baru untuk memanfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selama fase perkuliahan. Sebab, program ini bisa mendorong mahasiswa mengenali minat yang tentu berguna bagi masa depan.

Hal itu dikatakan dalam menyambut lebih dari 4.000 mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2022/2023 Universitas Pelita Harapan (UPH) dalam UPH Festival.

"Program-program MBKM ini saya yakin akan sangat membantu adik-adik untuk mengenal apa yang sebenarnya menjadi minat dan ketertarikan kalian,” ujar Nadiem dalam pembukaan Universitas Pelita Harapan (UPH) Festival 2022 secara virtual di Lippo Village, Tangerang, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: HUT Ke-77 RI, Nadiem Ajak Masyarakat Gotong Royong Wujudkan Merdeka Belajar

Dia menambahkan MBKM tersebut juga turut membantu dan menentukan mahasiswa pada masa depan, serta bekerja sesuai bidang yang diminati. “Ini merupakan satu kesempatan dalam hidup yang sangat berharga dan saya ingin semua mahasiswa di Indonesia mendapatkannya,” terang dia.

Di hadapan mahasiswa baru UPH, Nadiem mengingatkan, mahasiswa untuk leluasa dalam belajar sesuai dengan minatnya belajar. Apalagi dengan adanya sejumlah program MBKM diantaranya magang dan studi independen bersertifikat, proyek riset kemanusiaan, wirausaha, mengajar di daerah 3T, hingga pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri.

Selain itu, Kemendikbudristek mengundang para pakar untuk masuk ke kampus dan membagikan pengetahuan serta pengalamannya pada mahasiswa. “Jadi saya harap adik-adik tidak melewatkan peluang emas ini. Cari tahu informasi MBKM melalui bapak ibu dosen, kakak tingkat hingga situs resmi Kampus Merdeka,” imbuh dia.

Baca juga: Wisuda UPH Cetak Rekor Muri

Nadiem juga mengingatkan bahwa apa yang dilakukan mahasiswa saat ini sangat menentukan masa depan mahasiswa tersebut.

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan UPH Festival 2022 dirancang lebih dari sekedar orientasi pengenalan kampus. Program acara UPH Festival 2022 dimulai dengan Convocation pada hari pertama yaitu pelantikan mahasiswa baru; Faculty Fellowship yaitu perkenalan unit-unit pelayanan dan pendukung akademik, serta sambutan hangat dan perkenalan dari pimpinan fakultas dan program studi.

Kemudian di hari kedua, mahasiswa dan seluruh civitas akademika UPH akan mendapatkan inspirasi dari acara Distinguished Guest Speaker (DGS) yang menghadirkan Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri Republik Indonesia) dan Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia). Hadir juga Wahyu A. Wiwoho (Alumni UPH, Producer & Senior News Anchor Metro TV) sebagai moderator dalam acara DGS.

Melalui Seminar ini, diharapkan mahasiswa semakin terinspirasi untuk bisa mendorong kapasitas diri agar berdampak bagi bangsa Indonesia. Di hari ketiga, hadir 5K Founder Fun Run, B20 Seminar; dan Kemegahan dari Closing Celebration yang menampilkan persembahan musik spektakuler dari mahasiswa UPH, serta pesta kembang api yang meriah untuk menutup rangkaian UPH Festival dengan semarak.

Baca juga: UPH Buka Pusat Studi G20 Indonesia, Pertama di Wilayah Asean

Selama UPH Festival berlangsung, UPH juga mengajak siswa-siswi kelas 12 untuk hadir dalam rangkaian kegiatan Open House, dimana dalam acara ini mereka mendapatkan banyak informasi tentang berbagai program studi di UPH, proses pendaftaran, serta tur kampus melalui kegiatan Academic Showcase. Siswa SMA kelas 12 dapat menikmati promo potongan harga sebesar 80% untuk biaya pendaftaran kuliah di UPH. Bagi para guru yang hadir, dapat mengikuti ‘Teachers Seminar and Gathering’ dengan pembicara ternama yang akan menginspirasi dan menambah wawasan dalam dunia pendidikan

UPH berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik melalui kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman, dosen yang kompeten, dan fasilitas lengkap. Melalui pengalaman belajar di UPH, mahasiswa dipersiapkan untuk mampu meraih prestasi terbaiknya dan menjadi calon pemimpin yang hebat di masa depan, serta berdampak nyata bagi bangsa Indonesia. UPH siap menjadi tempat bagi mahasiswa untuk menjadi The Great Achiever!


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com