Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sebanyak 830 taruna Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilantik secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kemenhub I Gede Pasek Suardika pada Sabtu (27/8/2022). (Foto: Ist)

Sebanyak 830 taruna Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilantik secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kemenhub I Gede Pasek Suardika pada Sabtu (27/8/2022). (Foto: Ist)

Kemenhub Luluskan 830 Taruna Sektor Transportasi Darat dan Kereta Api

Minggu, 28 Aug 2022 | 21:02 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Sebanyak 830 taruna Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilantik secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kemenhub I Gede Pasek Suardika pada Sabtu (27/8/2022) di kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD), Bekasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wisudawan yang dilantik merupakan para perwira transportasi darat dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang sebanyak 23 orang, Sarjana Terapan Transportasi Darat sebanyak 331 orang, Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Jalan sebanyak 381 orang, dan Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Perkeretaapian sebanyak 95 orang.

Baca juga: Aktivitas Berangsur-angsur Pulih, Kesehatan Jadi Aspek Keseharian Masyarakat

“Pembangunan SDM menjadi kunci keberhasilan dan kemajuan Indonesia di masa depan. Kemajuan dan perkembangan teknologi akan bertumpu pada Sumber Daya Manusia dengan pemanfaatan teknologi yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi sehingga dapat meminimalisir kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari,” ungkap Irjen dalam sambutannya.

Advertisement

Ia menyampaikan bahwa PTDI - STTD memiliki peran sangat penting dalam penyediaan dan peningkatan kualitas SDM Perhubungan yang adaptif dan kompetitif sehingga siap menghadapi era society 5.0.

“Tenaga profesional muda sangat dibutuhkan oleh Kementerian Perhubungan, dan Pemerintah Daerah dalam rangka regenerasi angkatan kerja dan untuk mendorong percepatan pembangunan, pemerataan dan penguasaan teknologi tepat guna terbaru yang berjenjang dari pusat ke daerah agar tercipta sinergitas yang baik demi kemajuan transportasi khususnya transportasi darat dan perkeretaapian”, jelasnya.

Sebagaimana arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bahwa SDM merupakan kunci dalam kemajuan transportasi, sehingga lembaga pendidikan transportasi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa depan.

“Perguruan Tinggi harus mampu memprediksi dan mengantisipasi kompetensi yang dibutuhkan di dalam dunia kerja dan teknologi tranportasi masa depan dengan terus melaksanakan riset-riset,” jelas Irjen Kemenhub.

“Pemerintah harus serius dalam melihat konsep transportasi cerdas masa depan bukan sebagai proyek belaka melainkan sebagai konsep yang harus menjadi perhatian sehingga dapat diterapkan untuk mengakselerasi perkembangan teknologi yang cepat dan turut memengaruhi kehidupan manusia di segala aspek,” lanjutnya.

Di akhir sambutan, ia berpesan kepada para wisudawan sebagai insan transportasi harus terus meningkatkan kompetensi, kemampuan, sikap mental, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi agar mampu memberikan pelayanan  yang terbaik kepada masyarakat serta dapat mendukung terciptanya insan perhubungan yang andal.

Sebagaimana diketahui, kampus di lingkungan BPSDMP khususnya PTDI-STTD merupakan pendidikan vokasi yang tidak hanya meningkatkan kualitas lulusan melalui pendidikan dan pelatihan akademis, tetapi juga membina karakter untuk menciptakan SDM unggul.

Sementara itu, Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani, ATD, MT menyampaikan bahwa terdapat 4 (empat) wisudawan terbaik dari masing-masing Program Studi, yaitu Taruna Parman dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,70, Taruni Ni Luh Gede Yustia dari Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan yang meraih IPK sebesar 3,81, Taruni Anita Dwi Martini dari Prodi DIII-Manajemen Transportasi Jalan yang meraih IPK sebesar 3,78 dan Taruna Dida Wanapati dari Prodi D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian dengan nilai IPK 3,68.

Baca juga: Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda

“Kegiatan wisuda ini dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan dihadiri para tamu undangan dan dihadiri oleh para orang tua wisudawan” ungkapnya dalam laporan yang disampaikan kepada Inspektur Upacara.

Pelaksanaan wisuda kali ini juga disiarkan secara live streaming melalui akun youtube channel Land Transport Academy.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com