Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. (BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. (BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Begini Penjelasan Nadiem tentang Keberadaan 400 Orang Shadow Team

Senin, 26 Sep 2022 | 20:24 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Shadow team atau tim bayangan setara direktur jenderal (dirjen) sebanyak 400 orang di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dibentuk oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mendapat respons keras dari berbagai pihak. Keberadaan tim ini dinilai merendahkan sumber daya manusia (SDM) Kemendikbudristek.

Kepada Komisi X DPR Nadiem menjelaskan, tim bayangan yang dimaksud adalah sebuah kesalahan. Pasalnya, tim dimaksudnya merupakan vendor. Mereka berada di bawah  BUMN PT Telkom Indonesia.

Baca juga: Ada 400 Orang Tim Bayangan Bentukan Menteri Nadiem, DPR Bereaksi!

“Saya ingin menjelaskan terkait presentasi di PBB, mungkin saya ada kesalahan dalam menggunakan kata shadow organization, yang saya maksudkan sebenarnya organisasi ini adalah mirroring terhadap kementerian kami,” ucapnya pada rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senin (26/9/2022).

Advertisement

Nadiem menjelaskan mirroring artinya setiap Direktorat Jenderal (Ditjen) di Kemendikbudristek yang memberikan layanan pendidikan bisa menggunakan tim permanen yang selalu kerja sama dengan tim tersebut untuk mendorong dan mengimplementasi kebijakan melalui platform teknologi.

“Jadi itu maksudnya, itu sebenarnya yang dipuji-puji oleh berbagai macam negara, karena inovasi bukan kita meluncurkan produk. Inovasi sangat dihormati negara lain adalah cara birokrasi kami, cara ASN-ASN hebat dalam Kemendikbudristek kami tidak memperlakukan mereka sebagai vendor, walaupun secara kontrak sudah jelas mereka adalah vendor,” ucapnya.

Baca juga: Keberadaan 400 Orang Tim Bayangan Nadiem Makarim Menuai Kritikan

Nadiem menuturkan seluruh tim Kemendikbudristek adalah tim permanen yang merupakan suatu vendor berada di bawah  BUMN PT Telkom Indonesia (GovTech Edu). “Di situlah mereka, dan memang mereka itu secara teknis adalah  vendor. Jangan ada yang menyebut mereka bukan vendor,” ucapnya.

Dikatakan Nadiem, inovasi yang diterapkan Kemendikbudristek dengan tidak memperlakukan vendor  sebagai vendor ini mendorong banyak anak muda muda bergabung dalam tim GovTech Edu untuk membangun  produk aplikasi pendidikan gratis.

Terkait keputusan dalam setiap kebijakan, Nadiem menuturkan, meski ada tim vendor ini, tetapi semua keputusan tetap sebagai kewenangan para dirjen atau direktur Kemendikbudristek. Para dirjen dan direktur melihat dan bekerja sama dengan vendor mengedepankan filsafat kemitraan dan gotong royong.

Baca juga: Nadiem Makarim Punya 400 Orang Shadow Team, P2G Pertanyakan Sistem Penggajiannya 

“Itulah yang ingin dipelajari negara lain bagaimana kita bisa menciptakan suatu kapasitas yang baru,” papar Nadiem.

Untuk itu, Nadiem berharap, dengan adanya penjelasannya tersebut menjawab kebingungan dan kekhawatiran publik. Selanjutnya, Nadiem menuturkan sebagai pemimpin, ia sangat berharap praktik baik dilakukan Kemendikbudristek ini tidak hanya ditiru oleh negara lain. Namun, dapat sharing kepada pemerintah daerah (pemda) dan kementerian/ lembaga (K/L) lainnya.

“Ke depan bayangkan semua kementerian punya tim bekerja sama sebagai mitra tim teknologi untuk meluncurkan berbagai macam aplikasi gratis untuk masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan,” tutupnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com