Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gedung Kejaksaan Agung.

Gedung Kejaksaan Agung.

Survei: Publik Lebih Percaya Kejagung Daripada KPK dalam Upaya Pemberantasan Korupsi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:59 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Kejaksaan Agung menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik, dibandingkan dengan tiga lembaga penegak hukum lainnya, yakni pengadilan, KPK dan kepolisian. Tinggat kepercayaan publik terhadap kejagung dalam pemberantasan korupsi berada di angka 75%.

Baca juga: OJK Gandeng Kejaksaan Agung Perkuat Integritas Sektor Jasa Keuangan

Hal ini berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik yang digelar pada 13-20 September 2022 secara tatap muka terhadap warga negara yang mempunya hak pilih dengan Pemilu. Jumlah responden sebanyak 1.220 orang yang dipilih dengan metode multistage random sampling.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar plus minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Luhut Minta KPK, Polisi dan Kejaksaan Penjarakan Mafia Pelabuhan

“Kejaksaan Agung menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik dengan tingkat kepcayaan di angka 75 persen, yang tidak percaya 21 persen dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam rilis hasil survei bertajuk ‘Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi dan Hukum dan Prospek Elektoral Jelang 2024’yang digelar secara virtual, Minggu (2/10/2022).

Pengadilan berada di urutan kedua sebagai lembaga yang dipercaya publik dengan tangka kepercayaan 74% lalu yang tidak percaya sebanyak 24% serta 2% yang tidak tahu atau tidak menjawab. “Ini ada disclaimer, servei ini dilakukan sebelum terjadinya kasus korupsi yang melibatkan hakim MA,” tandas Burhanuddin.

Baca juga: Survei Capres Indikator: Ganjar, Prabowo dan Anies Tetap Teratas

Sementara KPK berada di urutan ketiga dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 73% dan urutan terakhir adalah kepolisian dengan tingkat kepercayaan 63%. Begitu juga dengan upaya pemberantasan korupsi, publik lebih percaya kejagung dan pengadilan dibandingkan KPK dan kepolisian.

Tingkat kepercayaan publik kepada kejagung dan pengadilan dalam pemberantasan korupsi berada di angka 73%, lalu disusul KPK dengan tingkat kepercayaan 72% dan terakhir kepolisian berada angka 61%.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com