Menu
Sign in
@ Contact
Search
Anggota Korps Prajurit Wanita TNI mengikuti apel bersama Korps Prajurit Wanita TNI di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Anggota Korps Prajurit Wanita TNI mengikuti apel bersama Korps Prajurit Wanita TNI di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

HUT ke-77 TNI, Jokowi Sematkan Penghargaan Bintang Jasa untuk 3 Prajurit

Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:52 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan tanda kehormatan kepada tiga prajurit TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok. Ketiga prajurit tersebut berasal dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL).

Penganugerahan tanda kehormatan tersebut diberikan Presiden Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI di halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi: Selamat HUT ke-77 TNI

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31, 82, dan 84/TK/2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya. Petikan Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

"Presiden RI menimbang sebagai penghargaan kepada AD, AL, dan AU yang di bidang tugas kemiliteran yang menunjukkan kemampuan kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara tanpa merugikan tugas pokoknya," bunyi Keppres Jokowi.

Adapun ketiga prajurit TNI yang mendapatkan anugerah tanda kehormatan adalah Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya kepada Kolonel Pnb. Firman Dwi Cahyono. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, kepada Kapten Inf. Sudyatmoko Waluyo. Bintang Jalasena Nararya, kepada Peltu Raden Beny Vicahyantiana.

Upacara HUT ke-77 TNI ini diikuti oleh seluruh prajurit TNI secara virtual melalui video conference, yaitu yaitu prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI – Malaysia di PLBN Entikong Kalimantan barat (Yonif 645); prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pam Puter Pulau Talaud di Pos Kabaruan Sulawesi Utara; prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI – PNG sektor selatan Merauke di PLBN Sota (Yonif 511); dan prajurit TNI yang sedang bertugas pada satgas Pamtas RI – RDTL di Pos PLBN Motaain NTT (Yonif 744).

Baca juga: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-77 TNI 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia di manapun saudara-saudara berada dan bertugas. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia,” kata Jokowi.

Atraksi Flypast

Dalam upacara tersebut, TNI melakukan atraksi flypast dengan menerbangkan 8 jet tempur F-16 Fighting Falcon di atas Istana Merdeka. Para penerbang pesawat jet tempur tersebut melakukan manuver bom burst dan berpencar melewati Istana. Kemudian ada juga atraksi 4 helikopter yang membentangkan bendera Merah Putih Raksasa.

Selanjutnya, 6 pesawat yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team bermanuver di atas langit Ibu Kota sekitar 12 menit. Atraksi di langit dalam HUT TNI itu ditutup dengan kembalinya manuver 7 unit F-16 di atas Istana Merdeka.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Bersinergi Tangani Krisis Pangan

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani dan.

Juga hadir, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, dan Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com