Menu
Sign in
@ Contact
Search
Konferensi pers Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II di Gedung Karya Pastoral KAJ Gereja Katedral Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2022.

Konferensi pers Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II di Gedung Karya Pastoral KAJ Gereja Katedral Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2022.

Dihadiri 3.000 Kontestan, Pesparani Nasional II Siap Digelar di Kupang

Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:29 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat, gereja, pemerintah daerah, dan tentu berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Adrianus Meliala mengatakan, Pesparani sebagai momen pertemuan terbesar umat katolik se-Indonesia yang diperkirakan dihadiri lebih dari 3.000 kontestan dari 34 provinsi.

Baca juga: Pesparani Nasional II akan Digelar di Kupang Akhir Oktober

"Kami juga mengundang Presiden Joko Widodo untuk membuka acara tersebut dan direncanakan ditutup oleh Wapres KH Ma'ruf Amin. Tetapi hingga kini, belum ada jawaban pasti dan kami masih menunggu," kata Adrianus dalam konferensi pers di Gedung Karya Pastoral KAJ Gereja Katedral Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Diutarakan untuk lagu-lagu yang dilombakan merupakan jenis lagu etnik hasil workshop panitia sebelumnya yang memiliki dan mendorong musik lokal. Bahkan, panitia mengaku sudah membayar royalti sebagai tanda penghargaan kepada musisi.

Gerakkan Ekonomi

Plt Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama AM Adiyarto Sumardjono menjelaskan, selain unsur keagamaan, kegiatan dengan tema "Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju" ini diharapkan bisa menggerakkan perekonomian UMKM di Kota Kupang. Selain untuk menumbuh kembangkan benih iman di tengah umat.

Baca juga: NTT Siap Jadi Tuan Rumah Pesparani Nasional II

"Pesparani Katolik Nasional II juga melambangkan kehidupan beragama di Indonesia yang plural dan harmonis, seperti ditunjukkan dengan keterlibatan organisasi lintas agama dalam kepanitiaan, merupakan suatu bentuk konkret dari penguatan hubungan sesama anak bangsa," ujar Adiyarto.

Selain sebagai momen kebersamaan, Pesparani Katolik Nasional II diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dengan diadakannya Expo Nusantara Pesparani Nasional di Pelataran GOR Flobamora Oepoi Kupang, dengan menghadirkan berbagai produk NTT dan provinsi lainnya yang ikut dalam pameran tersebut.

Adapun venue lomba di beberapa lokasi Auditorium Unika untuk lomba Bertutur Kitab Mazmur di Gereja Santa Maria Asumpta dan Gereja Santo Yoseph, Cerdas Cermat Rohani Katolik di Aula Paroki Santa Maria Asumpta dan Aula Paroki Santo Yoseph Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran di aula El Tari Kupang.

Baca juga: Menag: Pesparani bakal Jadi Sejarah Baru Umat Katolik

Ketua I LK3KN yang juga Sekretaris Komisi Kerasukan Awam KWI Romo Hans Jeharut berharap pelaksanaan Pesparani Katolik Nasional II di Kupang akan menyebarkan keharmonisan kerukunan ke seluruh Indonesia.

"Pesparani Tingkat Nasional II ini sempat tertunda berkali-kali dan yang Tingkat Nasional Pertama diadakan di Ambon, Maluku 28 Oktober-5 November 2018 lalu. Jadi jaraknya cukup lumayan," urai Rm Hans.

Diketahui Pesparani merupakan kegiatan pembinaan pengembangan iman umat katolik di seluruh Indonesia melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya liturgi dan non liturgis yang secara formal dilakukan oleh Lembaga Pembinaan Pengembangan Pesparani Katolilk Nasional (LP3KN).

LP3KN disahkan oleh Direktorat Jenderal Bimbangan Masyarakat Katolik Kementerian Agama dan direstui oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com