Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat berkunjung ke proyek percontohan toilet bersih berbasis teknologi di Bali, yang merupakan bagian dari program Toilet Untuk Negeri. ( Foto: Istimewa )

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat berkunjung ke proyek percontohan toilet bersih berbasis teknologi di Bali, yang merupakan bagian dari program Toilet Untuk Negeri. ( Foto: Istimewa )

Kemenparekraf RI Dukung Optimalisasi Sanitasi Berbasis Teknologi

Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:12 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

BERAWA, investor.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno melakukan kunjungan sekaligus penandatangan plakat pada Selasa (4/10) sebagai bentuk dukungan terhadap program “Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa” di Bali, yang telah diresmikan minggu lalu oleh LIXIL bersama Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo dan Frday.

Seiring dengan meningkatnya indeks pariwisata Indonesia pasca pandemi, menjadi indikator bagi sektor pariwisata untuk memberikan jaminan kebersihan, kesehatan serta kelestarian lingkungan atas produk dan pelayanan agar kepercayaan wisatawan asing, lokal dan masyarakat Indonesia bangkit kembali.

Program “Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa” merupakan proyek percontohan toilet bersih pertama di lokasi wisata. Ini mengingat bahwa keberadaan dan kebersihan toilet umum di destinasi wisata merupakan fasilitas yang vital karena dapat memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Baca Juga: Toilet Untuk Negeri Mengoptimalisasi Sanitasi Indonesia Berbasis Teknologi

“Kami memberikan apresiasi atas terealisasinya proyek pertama dari Toilet Untuk Negeri di Berawa, Bali. Proyek ini juga turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan 5 destinasi pariwisata super prioritas dengan rencana pembangunan 1.000 toilet secara bertahap,” ungkap Sandiaga dalam siaran pers.

Dia menambahkan, toilet yang nyaman diharapkan menjadi contoh baik pengelolaan toilet di destinasi wisata, sekaligus menciptakan peluang lapangan usaha baru serta sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi para wisatawan, karena kondisi toilet yang bersih menjadi salah satu penilaian suatu destinasi wisata.

“Penting memiliki toilet berkualitas untuk mendongkrak pemerataan dan mewujudkan destinasi pariwisata yang berkualitas dan inklusif. Mari kita jaga bersama kebersihan toilet ini agar para wisatawan lebih banyak datang untuk membantu perekonomian di sektor pariwisata Indonesia,” katanya.

Penampakan proyek percontohan toilet bersih berbasis teknologi di Bali, yang merupakan bagian dari "Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa". ( Foto: Istimewa )
Penampakan proyek percontohan toilet bersih berbasis teknologi di Bali, yang merupakan bagian dari "Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa". ( Foto: Istimewa )

Sebagai informasi, kolaborasi antara LIXIL, Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo, dan Frday memiliki visi untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pariwisata dengan memberikan kemudahan akses toilet umum yang layak, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di sekitar daerah wisata yang menjadi area proyek Toilet Untuk Negeri. Melalui proyek ini, para kolaborator bekerja sama dalam menyatukan keahlian terbaik masing-masing untuk memberikan standar baru pada toilet umum di Indonesia.

“Toilet Untuk Negeri the Berawa” menjadi konsep toilet umum terintegrasi pertama yang didukung oleh perusahaan multi-teknologi di Indonesia dan dengan dukungan produk serta standar desain toilet umum dari LIXIL yang mengimplementasikan Optimalisasi Sanitasi Indonesia Berbasis Teknologi, antara lain mendukung sistem pembiayaan pembangunan, penyediaan kontraktor untuk membangun, penyediaan fasilitas toilet berstandar dunia, sistem monitoring berbasis aplikasi mobile, hingga sistem pembayaran online guna membantu pemberdayaan sanitationpreneurs (pengusaha sanitasi), di mana di The berawa pemilik toilet umum adalah entitas yang merupakan gabungan antara pengusaha dan anggota komunitas dari warga setempat.

Penampilan luar bangunan dari proyek percontohan toilet bersih berbasis teknologi di Bali, yang merupakan bagian program "Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa". ( Foto: Istimewa )
Penampilan luar bangunan dari proyek percontohan toilet bersih berbasis teknologi di Bali, yang merupakan bagian program "Kehadiran Toilet Untuk Negeri the Berawa". ( Foto: Istimewa )

Di samping itu kehadiran Toilet Untuk Negeri diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah dengan mengakselerasi Usaha Mikro Kecil Menengah di sekitar daerah wisata dan menciptakan lapangan pekerjaan baru khususnya bagi tenaga kerja berpendidikan rendah.

“Saat ini, kami fokus pada pembangunan toilet umum di pasar tradisional, kawasan wisata, dan tempat ibadah lainnya di Bali. Konsep 'Toilet Untuk Negeri the Berawa' merupakan prototipe yang akan diaplikasikan pada lokasi wisata lainnya dan diharapkan dapat memberikan dampak sosial ekonomi yang positif serta optimis dalam mendukung program pemerintah. Dalam jangka panjang, kami akan hadir dalam 5 besar destinasi wisata super prioritas di Indonesia dan berbagai destinasi pariwisata lainnya,” ujar Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesi Arfindi Batubara.

Baca Juga: OT Group Rambah Pasar Toiletris Berupa Masker, Handsanitizer, dan Handsoap

Diakui oleh Arfindi bahwa proses pembangunan “Toilet Untuk Negeri the Berawa” memakan waktu kurang lebih 40 hari, dimulai sejak 12 Agustus hingga 20 September 2022. Walau mendapati tantangan dari segi lokasi desain yang harus menyesuaikan dengan kearifan lokal, pembangunan “Toilet Untuk Negeri the Berawa”, Bali berjalan dengan lancar.

“Tantangan bersama yang selanjutnya dihadapi dan menjadi tugas bersama adalah memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat, baik dari tingkat pengguna, pengelola maupun petugas kebersihan tentang pentingnya sarana sanitasi yang bersih, sehat, aman dan nyaman,” tambahnya.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com