Menu
Sign in
@ Contact
Search
 Menteri BUMN Erick Thohir,

Menteri BUMN Erick Thohir,

Kerja Nyata Jadi Magnet Erick Thohir Raih Dukungan Masyarakat

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:49 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Kiprah dan kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam beberapa tahun terakhir memberikan kontribusi bagi peningkatan elektabilitasnya di Pilpres 2024.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin Makassar Ali Armunanto menilai salah satu pemicu naiknya elektabilitas Erick Thohir adalah rentetan keberhasilan yang ditorehkan Erick Thohir dalam membenahi BUMN sehingga menjadi magnet daya tarik dalam meraih dukungan masyarakat. 

“Faktor kemampuannya dan keberhasilan kinerjanya dalam membenahi BUMN jadi magnet elektoral Erick raih dukungan masyarakat," kata Armunanto, saat dihubungi, Kamis (6/10/2022).

Menurut Ali Armunanto, keberhasilan Erick Thohir dalam mengubah wajah BUMN lebih baik ini menjadi magnet tersendiri meraup dukungan masyarakat. Perusahaan-perusahaan BUMN di bawah nahkoda Erick Thohir kini tumbuh lebih sehat.

Terbaru, laba keuangan BUMN secara konsolidasi pada 2021 mendapatkan untung sebesar yakni Rp 124,7 trilin. Kinerja BUMN terlihat membaik jika dibandingkan dengan catatan laba BUMN tahun 2020. “Saya rasa untuk saat ini posisi Erick Thohir memang menempati posisi yang sangat bagus,” ujar Armunanto.

Menurut dosen Ilmu Politik itu, Erick Thohir tidak hanya memiliki jaringan politik yang baik di Indonesia, tetapi juga memiliki jaringan bisnis yang berskala internasional dan ini membuat dirinya sangat layak dan diperhitungkan di Pilpres 2024.

“Bahkan posisinya sekarang juga membawa dia terhubung dengan jaringan-jaringan bisnis yang luas, yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Armunanto menilai, dengan posisi yang strategis ini Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini punya peluang besar untuk dipasangkan dengan siapa saja di Pilpres 2024, baik dengan Ganjar Prabowo, Prabowo Subianto, maupun Anies Baswedan.

“Tentu dengan modal yang dia miliki itu akan sangat potensial ketika kemudian ada yang menggandeng ataupun ketika dia dijadikan Cawapres, oleh calon-calon yang memang potensial tarolah misalnya seperti Ganjar, Prabowo, atau Anies,” ucapnya.

“Saya kira Erick Thohir juga tidak punya resistensi terhadap calon-calon tersebut. Sehingga kemudian memang dia bisa diterima secara luas oleh calon siapapun, siapapun saya rasa dipaketkan dengan Erick Thohir itu akan sangat bisa bersinergi,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi mengatakan kinerja Erick Thohir sebagai Menteri BUMN mendapat persepsi positif dari masyarakat.

Temuan Survei Indikator Politik menunjukkan Erick Thohir mengalami peningkatan secara elektoral, bahkan jika dipasangkan dengan beberapa figur berbeda. Yakni dalam simulasi tiga pasangan, Nama Erick sebagai calon wakil presiden mampu mendongkrak pasangannya.

“Dalam simulasi tiga pasangan, penempatan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden mampu mendongkrak pasangannya,” ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Kondisi Sosial, Politik, Ekonomi dan Hukum secara virtual, Minggu (2/10/2022).

Survei dilakukan pada periode 13 September sampai dengan 20 September 2022 dengan melibatkan 1.220 responden dan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com