Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas/wpa/aww)

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas/wpa/aww)

Jokowi: Summit P-20 Tambah Optimisme Baru di Tengah Tantangan Global

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:36 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pertemuan Parliamentary Forum in the Context of the G-20 Parliamentary Speakers Summit (P-20) bakal menambah optimisme negara-negara kelompok G-20 dalama menghadapi tantangan global yang kian berat.

Baca juga: Jokowi: Ekraf Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

“Di tengah tantangan yang berat yang dihadapi oleh semua negara sekarang ini, penyelenggaraan Summit P-20 menambah optimisme baru bahwa kekuatan masing-masing negara bekerja bersama dan antar negara saling belajar dan berkolaborasi,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara tersebut yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2022). 

Jokowi mengungkapkan, dunia tengah menghadapi tantangan yang sangat berat. Pandemi belum sepenuhnya berakhir, kemudian timbul konflik geopolitik yang menimbulkan dampak global.

“Ancaman krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan menghantui semua negara. Pada saat yang bersamaan semua negara akan menghadapi dampak perubahan iklim yang juga menimbulkan gangguan pada produksi pangan. Sehingga ancaman kelaparan muncul di depan mata,” ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Bersinergi Tangani Krisis Pangan

Dalam menghadapi ancaman besar ini, lanjut Jokowi, kemampuan setiap negara itu berbeda-beda. Ada negara yang mampu bertahan dan memiliki resiliensi yang tinggi. Tetapi banyak negara yang terancam menjadi negara gagal yang berdampak pada jutaan warganya serta memperlebar ketidakseimbangan ekonomi global.

“Karena itu saya yakin Forum Parlemen G-20 ini menjadi sangat strategis untuk membicarakan agenda-agenda bersama dunia yang memerlukan dukungan politik dari parlemen, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata yang dihadapi seluruh warga dunia,” tegas Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Perang Rusia vs Ukraina Perparah Keadaan

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat datang ke Indonesia kepada para ketua parlemen negara G-20 dan seluruh delegasi undangan G-20. “Saya mengucapkan selamat datang di Jakarta, selamat datang di Indonesia kepada para ketua parlemen negara G-20 serta seluruh delegasi dan undangan G-20 Parliamentary Speaker Summit ke-8,” ujar Jokowi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com