Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wakkil Presiden Maruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

Wakkil Presiden Maruf Amin. Foto: BPMI Setwapres

Wapres Imbau Masyarakat Waspadai Penularan Omicron XBB 

Jumat, 28 Okt 2022 | 19:28 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat tetap waspada menyusul menyebarnya pandemi Covid-19 subvarian Omicron XBB di Indonesia. "Agar tidak terjadi lonjakan kasus secara besar-besaran, diperlukan kewaspadaan seluruh elemen masyarakat, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan," kata Wapres pada peringatan Hari Santri Nasional  2022 di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata), Serang, Banten, Jumat (28/10/2022).

Wapres mengatakan, dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi, masyarakat diminta untuk menjalankan aktivitas  sehari-hari. Sebab, rutinitas itu  akan membantu dalam menstabilkan roda  ekonomi dan sosial yang telah sama-sama dibangun sejak awal terjadinya pandemi Covid-19. “Tetapi, jangan sampai mengganggu mobilisasi masyarakat, jangan sampai ekonomi terganggu,” ujar Wapres.

Wapres juga menegaskan bahwa pemerintah terus mengkaji perkembangan yang terjadi terkait Covid-19. Hal tersebut yang kemudian menjadi dasar dalam menentukan status kedaruratan di Indonesia dalam pandemi ini.

“Pemerintah terus mengamati perkembangan. Karena itu, sampai hari ini belum mengubah status pandemi menjadi endemi karena kita masih terus mengamati sambil juga menunggu petunjuk-petunjuk lebih lanjut dari WHO,” tegas Wapres.

Dikatakan  bahwa Kementerian Kesehatan  secara proaktif dan responsif melakukan analisis-analisis terhadap subvarian Omicron XBB dan potensi munculnya subvarian baru ke depan.

“Kementerian Kesehatan sedang melakukan pengkajian dan seberapa besar berbahaya daripada varian baru itu.  Pemerintah terus melakukan kajian dan upaya deteksi terhadap varian baru virus Corona,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres,   Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com