Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi sosialisasi ASO

Ilustrasi sosialisasi ASO

Kemenkominfo Ajak Komisi I DPR dan Greatedu Bantu Sosialisasikan ASO

Rabu, 9 Nov 2022 | 10:51 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak Komisi I DPR RI dan Greatedu untuk turut membantu mensosialisasikan analog switch off (ASO). 

Substansi sosialisasi itu terkait pengalihan siaran televisi analog ke digital. Merujuk Undang-Undang Cipta Kerja, pemerintah wajib mengalihkan siaran televisi analog ke sistem digital paling lambat pada 2 November 2022.

Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan tidak hanya perintah UU, peralihan dari analog ke digital juga agar masyarakat mendapatkan siaran yang lebih berkualitas.

“Urgensinya adalah agar masyarakat mendapatkan kualitas siaran yang lebih bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya,” ujar Niken dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022).

Advertisement

Baca juga: Kemenkominfo Hadirkan 6 Posko untuk Program ASO Jabodetabek   

Televisi digital, kata Niken, membuat masyarakat bisa mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih dan canggih. Berbeda dengan siaran analog yang gambarnya terkadang ada "semutnya".

“Kualitas gambar, kalau TV analog ada semutnya, kalau cuaca bagus atau gangguan ada kepyur-kepyur. Kalau TV digital cling, gambarnya betul-betul bersih suaranya jernih dan canggih," tambah Niken.

Sementara itu, Dosen FEB UNS Suparjito, mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara yang ketinggalan dalam soal digitalisasi penyiaran televisi.

Baca juga: Sosialisasi ASO dan RKUHP, Kemenkominfo Minta Tambahan Anggaran

“Brunei sudah sejak 2017, Singapura tahun 2019, Malaysia 2019, Vietnam 2020, Thailand 2020 baru kemudian Indonesia 2022," katanya.

Adapun Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Al Masyari menjelaskan, meskipun di beberapa daerah sudah dilakukan ASO. Namun, katanya, masih ditemukan beberapa kendala teknis di lapangan terkait dengan ASO.

“Saya memahami bahwa seluruh Indonesia harus sudah ASO tapi memang ada kendala-kendala teknis yang harus diselesaikan oleh Kemenkominfo terutama berkitan dengan kanal-kanal yang mengalami perubahan dari analog ke digital. jadi memang butuh waktu untuk seluruhnya switch of," ujar dia.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com