Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (dua dari kiri) memberi keterangan pers terkait penanganan gempa bumi di Cianjur, 23 November 2022.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (dua dari kiri) memberi keterangan pers terkait penanganan gempa bumi di Cianjur, 23 November 2022.

BNPB Pastikan Distribusi Logistik Korban Gempa Cianjur Sudah Lebih Baik

Kamis, 24 November 2022 | 18:52 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

CIANJUR, Investor.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan distribusi bantuan logistik untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sudah berjalan lebih baik. Hingga Kamis, (24/11/2022), petang, tidak lagi ditemukan laporan warga belum mendapatkan bantuan logistik.

“Seluruh camat sudah mengambil logistik untuk kebutuhan kecamatannya, kemudian didistribusikan ke desa, desa mendistribusikan ke tempat-tempat pengungsian yang ada di wilayahnya dan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” kata Suharyanto dalam konferensi pers dari Cianjur yang juga disiarkan secara daring, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Pemkab Cianjur: Donasi Gempa Terkumpul Rp 1,8 Miliar

Suharyanto menambahkan, setiap hari kepala desa memberikan daftar logistik yang dibutuhkan. Misalnya untuk kebutuhan esok hari, daftar kebutuhan logistik dari kepala desa sore ini sudah masuk ke kecamatan.

“Sehingga besok pagi jam 9 paling lambat sudah dikirimkan lagi logistik untuk kebutuhan hari itu dan besoknya, minimal per 2 hari. Jadi kalau ada informasi adanya kelompok masyarakat yang mungkin tidak mendapatkan logistik atau terlambat, disampaikan saja. Rantai komando pendistribusian logistik melalui aparat pemerintah terkecil dari mulai RT, RW, kepala desa, camat, dan terpusat di pemerintahan kabupaten. Kita keluarkan logistik dari dua gudang,” jelasnya.

Setiap malam, para camat dan kepala desa juga melaksanakan rapat koordinasi dengan bidang logistik. Dengan sistem ini, diharapkan tidak ada lagi laporan kelompok masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan logistik atau terlambat mendapatkan bantuan untuk keperluan sehari-hari.

Baca juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, PTPP Salurkan Beragam Bantuan

BNPB juga terus mendata unsur lain yang ingin ikut serta dalam penanganan bencana alam Cianjur. Saat ini sudah ada 333 organisasi yang bergabung dengan jumlah personel sebanyak 4.674 orang. "Ini sudah dikoordinasikan dan sudah dibagi tugas-tugasnya,” ungkap Suharyanto.

Sementara itu hingga Kamis (24/11/2022) petang, BNPB mencatat jumlah korban meninggal dunia mencapai 272 orang. Masih ada sekitar 39 orang yang dinyatakan hilang. Pencarian korban yang hilang tersebut saat ini masih terkendala cuaca hujan dan juga longsor di sejumlah titik yang menimbun rumah warga.

Baca juga: Update Gempa Cianjur, BNPB: Korban Meninggal Dunia 271 Jiwa

“Korban hilang kalau kemarin ada 40 orang, hari ini ditemukan satu orang, sekarang (yang hilang) ada 39 orang. Dari 39 orang ini, kami dapat informasi baru, 32 adalah warga Cijedil, dan ada tujuh warga yang melintas di situ. Ini semua sudah teridentifikasi nama dan keluarganya,” kata Suharyanto.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com