Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim pada acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, bertemakan

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim pada acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, bertemakan "Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar" di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Puncak Hari Guru, Mendikbudristek Ajak Guru Terus Berinovasi

Sabtu, 26 Nov 2022 | 15:32 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak guru untuk bersemangat dalam berkarya dan berinovasi. Hal ini  sebagaimana tema yang diusung pada HGN tahun ini , yakni “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”.

Nadiem menuturkan tema HGN 2022 yang diusung tahun ini terinspirasi dari semangat para guru. “Ini terinspirasi dari semangat  para ibu dan bapak guru semua, bukan dari kita. Semangat untuk berinovasi dan kemauan untuk mencoba hal-hal baru, terus bertanya dan terus berkarya, itu yang menjadi inspirasi,: kata Nadiem pada acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Menurut Nadiem dengan Merdeka Belajar, para guru di Indonesia sekarang semakin tergerak untuk menghadirkan inovasi dalam pembelajaran dan membawa perubahan di lingkungan sekolahnya.   Dengan begitu, peserta didik menjadi kreatif dan inovatif.

Presiden di Hari Guru: Mari Bergandengan Tangan Pulihkan Pendidikan

Advertisement

Dikatakannya, berkat semangat para guru menghantarkan sistem pendidikan Indonesia memasuki babak baru dan era baru dengan kurikulum merdeka. Pasalnya, kurikulum ini memberikan keleluasaan jauh lebih besar untuk  para guru, sehingga mereka bisa mengembangkan project kreatif yang membuat pembelajaran  jauh lebih menyenangkan.

Selain itu, kurikulum  merdeka, materi pembelajaran juga dirampingkan, sehingga  guru diberi waktu dan ruang untuk mendalami mata pelajaran.

Blibli Merayakan Hari Guru Nasional

“Bukan cuma itu, di kurikulum merdeka, kita diberi  kebebasan  untuk para guru  untuk bisa maju dan mundur sesuai dengan  kompetensi dan kemampuan  murid-muridnya,” ucapnya.

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim pada acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022, di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

“Kalau ada guru yang merasa anak didik sedikit tertinggal, mereka boleh  mundur satu tahun bahkan dua tahun  ke belakang untuk mengejar ketertinggalan,” paparnya.

Melalui kurikulum merdeka ini, kata Nadiem, jadwal guru mengajar peserta didik akan menjadi lebih fleksibel. Sebelumnya, diatur per minggu, sedangkan sekarang per tahun.  Ia mencontohkan jika ada guru sekolah dasar (SD) yang fokus ke satu mata pelajaran dan tidak ada siswa yang ketinggalan bisa dilakukan.   

“Kurikulum Merdeka didesain oleh guru dan untuk guru. Itu yang terpenting,”  ucapnya.

Hari Guru, Mendikbud Harapkan Profesionalisme Makin Meningkat

Dikatakannya, gerakan Merdeka Belajar yang sudah diupayakan bersama selama tiga tahun terakhir harus menjadi lebih besar lagi, harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua murid, semua guru, semua sekolah di seluruh Indonesia. “Keberanian kita untuk berinovasi harus semakin ditingkatkan lagi sebagai bekal kita melompat ke masa depan,” pungkasnya.

 

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com