Menu
Sign in
@ Contact
Search
Petugas dari Polresta Pati, dan BPBD Pati, serta sejumlah relawan menyisir rumah-rumah wargayang masih terjebak banjir di Pati.

Petugas dari Polresta Pati, dan BPBD Pati, serta sejumlah relawan menyisir rumah-rumah wargayang masih terjebak banjir di Pati.

Banjir Parah Melanda Pati, Evakuasi Warga Berlanjut Hingga Hari Ini

Kamis, 1 Des 2022 | 07:56 WIB
Rachman Pratama (redaksi@investor.id)

PATI, Investor.id – Proses evakuasi korban banjir yang melanda enam kecamatan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, masih berlanjut hingga Kamis (01/12/2022) dini hari. Petugas dari Polresta Pati, dan BPBD Pati, serta sejumlah relawan menyisir rumah-rumah wargayang masih terjebak banjir.

Baca juga: Video Viral: Banjir Bandang di Jeddah Arab Saudi, 2 Tewas

Banjir yang melanda daerah tersebu terjadi sejak Rabu (30/11/2022). Dalam musibah ini satu orang dikabarkan tewas terseret derasnya arus banjir.

Banjir Pati menerjang 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Tambakromo, Winong, Gabus, Sukolilo, Kayen dan Kecamatan Pucakwangi. Banjir ini diduga disebabkan penggundulan hutan dan penambangan di wilayah Pegunungan Kendeng. Akibatnya wilayah yang berada di bawah pegunungan tersebut berisiko diterjang banjir disertai lumpur.

Advertisement

Desa Sinomwidodo di Kecamatan Tambakromo merupakan desa terparah terdampak banjir. Ketinggian air di desa ini mencapai lebih dari satu meter dan disertai lumpur.

Baca juga: Video Aksi Heroik Gubernur NTT Selamatkan Warga yang Terseret Banjir

“Kami dari Polairud Polresta Pati masih melakukan proses evakuasi dengan menyisir satu per satu rumah warga untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak di dalam rumah akibat banjir. Kebetulan Desa Sinomwidodo di Kecamatan Tambakromo ini adalah desa terparah terdampak banjir,” ungkap Kasat Polairud Polresta Pati AKP Daffid Paradhi di Pati, Kamis (1/12/2022).

AKP Daffid Paradhi menjelaskan meski ketinggian banjir mulai surut, namun kondisinya masih membahayakan, mengingat hujan masih terus terjadi di wilayah Pati. “Kondisi banjir ini sudah sedikit surut, tapi tetap ini membahayakan, karena hingga kini hujan meski tidak deras masih terus terjadi di sini,” tambahnya.

Dalam proses evakuasi ini, petugas memprioritaskan para lansia, perempuan dan anak. Banjir yang disertai dengan lumpur menyulitkan petugas dalam menembus wilayah-wilayah yang banjirnya masih tinggi.

“Ini banjirnya kan juga disertai lumpur, jadi menyulitkan kami menembus lokasi-lokasi yang titik air masih tinggi,” jelas AKP Daffid Paradhi.

Hingga Kamis dini hari, jumlah warga yang mengungsi sudah mencapai ratusan orang. Petugas menyediakan tempat pengungsian dan logistic bagi para pengungsi. Sementara itu, sebagian warga yang dievakuasi juga memilih untuk mengungsi ke rumah kerabatnya yang tidak terendam banjir.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com