Menu
Sign in
@ Contact
Search
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @erinagudono)

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @erinagudono)

Kaesang – Erina Akad Nikah Hari Ini, Berikut Rangkaian Acaranya

Sabtu, 10 Des 2022 | 09:28 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Hari bahagia Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akhirnya tiba hari ini. Setelah kurang lebih satu menjalin hubungan, Kaesang-Erina akan mengucapkan janji suci pernikahan dalam acara akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Rangkaian acara akad nikah akan dimulai Sabtu pagi, tepat pukul 10.00 WIB, dan proses akad nikahnya akan berlangsung pada Pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Datangi Pura Mangkunegaran, Warga Solo Doakan Pernikahan Kaesang - Erina Lancar

Setelah menjalani ijab kabul, Kaesang akan bertemu dengan Erina dalam prosesi adat panggih pengantin atau prosesi mempertemukan mempelai pria dan wanita yang masing-masing dalam keadaan suci  sebagai pasangan suami istri menurut adat Jawa.

Advertisement

Nantinya, prosesi panggih diawali dengan penyerahan pisang sanggan kepada orang tua mempelai perempuan sebagai simbol tebusan atas putri mereka. Lalu, mereka akan berlanjut ke upacara balangan gantal alias lempar sirih.

Acara selanjutnya adalah mempelai akan melakukan upacara injak atau pecah telur dan ranupada atau prosesi membasuh kaki dengan air. Kemudian kedua mempelai ke pelaminan untuk menjalani tradisi bubak kawah agar rumah tangga dijauhkan dari petaka dan diberi kemudahan serta keberkahan.

Baca juga: Menikah dengan Erina, Kaesang Beri Mahar Rp 300.000

Lalu, ada prosesi kacar kucur atau tampa kaya sebagai simbol suami berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan nafkah kepada istri. Kemudian Kaesang memberikan sesuap nasi kuning kepada Erina dalam acara adalah dulangan atau dhahar kalimah. Acara tersebut merupakan simbol istri patuh pada suami. 

Setelah itu, akan dilakukan mapag besan atau upacara besan, yakni menjemput besan sebelum diakhiri dengan sungkeman atau pangabektan.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com