Selasa, 6 Juni 2023

Buntut Cuaca Buruk, TNI AL Kerahkan Kapal Makassar 590 Pasok BBM ke Karimunjawa

Rachman Pratama
5 Jan 2023 | 11:27 WIB
BAGIKAN
 KRI Makassar 590 milik TNI AL yang mengangkut BBM dan Bahan Pangan untuk warga Kepulauan Karimunjawa diberangkatkan pada Kamis (05/01/2023).
KRI Makassar 590 milik TNI AL yang mengangkut BBM dan Bahan Pangan untuk warga Kepulauan Karimunjawa diberangkatkan pada Kamis (05/01/2023).

SEMARANG, Investor.id Kapal Perang Indonesia (KRI) Makassar 590 milik TNI Angkatan Laut Republik Indonesia dikerahkan untuk membantu pengiriman Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah. Pulai ini kini sudah mengalami kelangkaan dipicu terganggunya penngiriman akibat cuaca buruk.

Kapal KRI ini yang bakal ditugaskan, karena sebelumnya Kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) Liang Indah tidak bisa digunakan untuk mengantarkan BBM ke Karimun Jawa disebabkan faktor gelombang laut tinggi.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, Kapal KRI Makassar – 590 ini mengangkut 20 Mobil Tanki (MT) dengan kapasitas 5 KL per MT. Mobil Tanki tersebut akan membawa 65 KL Biosolar, 30 KL Pertalite, serta 5 KL Dexlite.

Advertisement

“Kapal KRI Makassar - 590 ini tiba di Semarang pada Selasa (03/01) malam. Direncanakan memuat mobil tangki VBM pada Rabu (04/01) dan kemudian diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Karimunjawa pada Kamis (05/01) pagi,” jelas Brasto.

Dengan pengiriman ini, maka ketersediaan BBM di wilayah Kepulauan Karimunjawa diperkirakan aka naman dalam sepuluh hari hingga 2 minggu ke depan.

KRI Makassar – 590 berangkat ke Karimunjawa dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan membawa 132 personil anak buaha kapal (ABK) dan diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Legon Bajak, Karimunjawa sekitar Pukul 10.00 WIB pada hari Kamis ini.

“Kami mendapatkan perintah dari KSAL untuk mendukung misi pengiriman BBM ke Karimunjawa karena di sana terjadi kelangkaan BBM,” jelas Komandan KRI Makassar 509, Letkol Laut (P) Hadi Subandi.

Sementara itu Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah, Sujarwanto menyebut, saat ini dampak cuaca buruk yang disertai tingginya gelombang laut membuat pasokan BBM dan pangan ke kepulauan tersebut terhambat. Begitu pula untuk kondisi kelistrikan di wilayah tersebut juga sempat padam lantaran kerusakan genset. “Jadi memang selain BBM, kebutuhan pangan dan listrik di sana sempat alami kendala,” sebut Sujarwanto.

Selain mengangkut BBM, kapal dengan type landing platform dock ini juga mengangkut tujuh genset milik PLN dan  sejumlah bahan makanan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bagi masyarakat di Kepulauan Karimunjawa.


 

Editor: Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 9 menit yang lalu

Reliance Sekuritas: IHSG Menguat, Delapan Saham Bakal Untung di Tanggal Cantik 6-6

Reliance Sekuritas memprediksi IHSG hari ini mix cenderung menguat. Delapan saham bakal untung di tanggal cantik 6-6, salah satunya AMAR.  
National 10 menit yang lalu

Rakernas III Digelar, PDIP Angkat Tema Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara

PDIP akan menggelar rakernas III dengan tema pengentasan kemiskinan di Indonesia
Market 16 menit yang lalu

Medco (MEDC) Siap Tebar Dividen Final, Cek Ini kalau Tak Mau Ketinggalan!

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) siap membagikan dividen final untuk tahun buku 2022.
Market 28 menit yang lalu

Ajaib Sekuritas: IHSG Mixed, Intip Kisi-Kisi Cuan Tiga Saham Berikut

 Ajaib Sekuritas memprediksi IHSG hari ini mixed. Intip kisi-kisi cuan tiga saham berikut, salah satunya ANTM. 
Market 38 menit yang lalu

Tidak Sesuai Harapan, Sekuritas Ini Pangkas Target Saham Merdeka Copper (MDKA) 

Pemangkasan target harga saham MDKA juga dilakukan Danareksa Sekuritas setelah melihat realisasi kinerja keuangan kuartal I-2023

Tag Terpopuler


Copyright © 2023 Investor.id