Minggu, 28 Mei 2023

Pleidoi: Putri Candrawathi Mengaku Diperkosa Brigadir J di Hari Ulang Tahun Pernikahan

Muhammad Aulia
25 Jan 2023 | 14:12 WIB
BAGIKAN
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Putri Candrawathi menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu 18 Januari 2023.  (B-Universe Photo / Joanito De Saojoao)
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Putri Candrawathi menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu 18 Januari 2023. (B-Universe Photo / Joanito De Saojoao)

JAKARTA, investor.id – Putri Candrawathi menceritakan diperkosa dan dianiaya oleh Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Pemerkosaan dan penganiayaan itu dialami Putri pada 7 Juli 2022 atau pada hari ulang tahun pernikahannya dengan Ferdy Sambo.

Hal itu disampaikan Putri saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (25/1/2023). Diketahui, jaksa menuntut agar Putri dihukum 8 tahun penjara dalam kasus ini.

Mulanya Putri menceritakan soal momen dirinya dan Sambo mendapat kejutan dari para ajudan dan ART yang membawakan tumpeng dan kue saat pergantian hari dari tanggal 6 Juli 2022 ke 7 Juli 2022. Dia menyebutkan, suasana saat itu terasa bahagia. Mereka saat itu berdoa bersama dan mensyukuri atas segala kebaikan yang diperoleh.

Advertisement

"Karena memang 7 Juli sesungguhnya adalah hari yang sangat saya nantikan tiap tahun. Menjadi momen kebahagiaan dan pemersatu ikatan cinta kasih kami sekeluarga, di mana 22 tahun yang lalu saya dan suami saya Ferdy Sambo sebagai pelindung dan kepala rumah tangga mengingat akan janji pernikahan yang diucapkan di altar gereja di Jakarta," tutur Putri.

Namun demikian, di tanggal 7 Juli itu juga, Putri mengeklaim mengalami peristiwa yang menyakitkan. Saat itu, dia mengeklaim telah dilecehkan oleh Brigadir J. Dia mengaku tak habis pikir bisa mengalami peristiwa tersebut.

"Saya tidak mengerti, mengapa ini harus terjadi pada saya tepat di hari pernikahan kami yang ke-22. Yosua melakukan perbuatan keji terhadap saya. Dia melakukan kekerasan seksual, menganiaya, dan mengancam membunuh bukan hanya bagi saya, tapi juga bagi orang-orang yang saya cintai jika ada orang lain yang mengetahui apa yang dia lakukan," tutur Putri.

Putri mengeklaim Brigadir J juga mengancam akan membunuh anak-anak Putri dan Sambo. Dia mengaku ketakutan atas ancaman tersebut.

"Saya takut, sangat ketakutan saat itu. Atas peristiwa itu, saya mengalami trauma yang mendalam pada diri saya hingga saat ini, dan rasa malu. Bukan hanya bagi saya, tetapi juga bagi seluruh anggota keluarga kami," imbuh Putri.

Untuk diketahui, sidang tuntutan jaksa terhadap kelima terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J telah digelar sejak Senin (16/01/2023). Terdakwa Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi dituntut jaksa 8 tahun penjara dan Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup. Sementara Bharada E dituntut 12 tahun penjara.

Bharada E dan Putri Candrawathi didakwa bersama tiga orang lain, yakni Ferdy Sambo, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Editor: Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Market 5 menit yang lalu

Ini Dia Penghasil Cuan Berlimpah, Saham Favorit Lo Kheng Hong Masuk!

Sebanyak 10 saham mencetak keuntungan (cuan) berlimpah, salah satunya saham favorit Lo Kheng Hong.
Finance 1 jam yang lalu

Pinang Dana Talangan Kini Bisa Diakses Semua Agen BRILink

Produk pinjaman digital Bank Raya, Pinang Dana Talangan kini bisa diakses oleh semua Agen BRILink. Hal ini untuk mendukung usaha para agen
Market 2 jam yang lalu

Heboh, Meme Coin PEPE Naik Drastis!

Pasar kripto dihebohkan dengan kripto baru bergambar katak hijau bernama PEPE Coin (PEPE). Kripto ini naik drastis dalam 30 hari
Finance 3 jam yang lalu

DMS Bank Dilirik Pemodal asal Shenzhen

DMS Bank fokus melengkapi segala persyaratan untuk pengajuan perizinan dari sebuah bank umum syariah.
Business 3 jam yang lalu

Harga Gas Naik, Industri Keramik Makin Menjerit

Kenaikan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dari US$ 6/mmbtu menjadi US$ 6,3-6,5/mmbtu semakin menekan industri keramik.

Tag Terpopuler


Copyright © 2023 Investor.id