Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

ITS Buka Prodi Manajemen Bisnis

Kamis, 19 Juli 2012 | 14:00 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

SURABAYA – Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya  telah membuka program studi (prodi) Manajemen Bisnis sejak tahun ajaran 2011/2012 untuk mencetak sarjana pebisnis yang fokus pada bisnis teknologi baru.

"Prodi yang dibuka melalui Jurusan Teknik Industri itu semula merupakan salah satu bidang minat yang termasuk dalam Laboratorium Pengembangan Sistem dan Manajemen Industri," kata Koordinator minat Manajemen Bisnis, Imam Baihaqi ST MSc PhD, di Surabaya, Kamis.

Dosen Jurusan Teknik Industri itu menjelaskan sejak semester pertama kuliah di prodi Manajemen Bisnis (MB) itu, mahasiswa telah diajak membuat sebuah proyek bisnis mulai dari nol yang dikelola secara berkelompok dengan 3-4 orang secara berkelanjutan.

"Untuk masuk menjadi mahasiswa MB tidak harus memiliki bisnis sebelumnya. Kebanyakan peminatnya justru lulusan SMA, sehingga tidak banyak yang pernah mencoba bisnis. Karenanya, proyek bisnis diberikan di semester awal," katanya.

Meski didirikan di lingkungan pendidikan teknik, katanya, bukan berarti prodi MB juga mempelajari detail teknik seperti pada Jurusan TI. "Nantinya, diharapkan sarjana bisnis dari prodi MB itu dapat membantu produk baru yang dibuat oleh sarjana teknik (jurusan-jurusan teknik)," katanya.

Terkait sistem pembelajaran, prodi yang terbilang baru ini memasukkan pembelajaran soft skill di setiap perkuliahan, baik itu melalui tugas kelompok maupun deadline tugas yang mengajarkan mahasiswa mengatur skala prioritas.

"Intinya, banyak menyenangkan (fun), tapi juga ada pressure (tekanan)," katanya, didampingi staf Humas ITS, Indah S.

Tahun ajaran lalu, prodi MB menerima 30 mahasiswa yang saat ini telah duduk di semester tiga. Ke-25 orang dari mereka masuk melalui Program Kemitraan dan Mandiri (PKM) dan lima di antaranya mahasiswa TI.

Tahun ajaran ini, jalur masuk yang disediakan masih serupa dengan sebelumnya, namun kuotanya naik 10 kursi menjadi 40 kursi. "Targetnya, kami akan mulai memasukkan prodi MB dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tahun 2013," katanya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN