Menu
Sign in
@ Contact
Search

Pembelaan Demokrat akan Timbulkan Resistensi Publik

Selasa, 16 Oktober 2012 | 14:08 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA-Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Nanat Fatah Natsir mengatakan upaya pembelaan yang dilakukan Partai Demokrat terkait kasus korupsi justru akan semakin meningkatkan resistensi masyarakat.

"Semakin tokoh Demokrat membela diri, masyarakat semakin resisten. Lebih baik Demokrat menerima dan melakukan introspeksi internal saja," kata Nanat Fatah Natsir saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (16/10).

Mantan rektor UIN Bandung itu mengatakan upaya Sekretaris Kabinet Dipo Alam yang merilis daftar partai dengan jumlah pejabat terkorup tidak akan efektif mengubah pandangan masyarakat terhadap Partai Demokrat.

Sebab, masyarakat sudah sangat kecewa dengan adanya pemberitaan sejumlah kasus korupsi yang diduga melibatkan sejumlah petinggi Partai Demokrat.

"Kalau Partai Demokrat ingin berubah, harus ada 'political will' dari para tokohnya untuk memperbaiki partai," katanya.

Terhadap harapan masyarakat agar petinggi Partai Demokrat yang terlibat kasus korupsi dicopot dari jabatannya, Nanat menyarankan agar pimpinan partai itu memperhatikan aspirasi tersebut.

Bila hal itu tidak segera diupayakan para tokoh Partai Demokrat karena alasan mekanisme partai yang baru mencopot pengurusnya setelah menjadi tersangka atau terbukti bersalah, dia mengatakan hukuman publik bisa lebih berat.

Sejumlah lembaga survei memublikasikan hasil temuannya yang menyatakan pemilih Partai Demokrat pada Pemilu 2014 akan menurun drastis. Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan 65 persen responden menyatakan tidak akan kembali memilih Partai Demokrat.

Salah satu penyebab pemilih Demokrat beralih ke partai lain adalah pemberitaan mengenai kasus korupsi yang diduga melibatkan beberapa petinggi partai itu.

Sebanyak 72 persen responden menyatakan setuju bila petinggi Partai Demokrat yang diduga terlibat kasus korupsi dicopot dari jabatannya.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com