Menu
Sign in
@ Contact
Search

Indonesia Tepat untuk Kembangkan Peradaban Islam

Kamis, 20 Desember 2012 | 13:05 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA - Ketua baru Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) 2013 Marwah Daud Ibrahim mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan umat Muslim terbesar di dunia adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan peradaban Islam.

"Ketika India mulai maju, masyarakat dunia menganggap peradaban Hindu ingin berkembang. Kini giliran Indonesia mengembangkan peradaban Islam dan ICMI harus mengambil peran besar," kata Marwan Daud yang terpilih menggantikan Prof Nanat Fatah Natsir dalam Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) di Balai Sidang Jakarta , Kamis.

Marwah mengatakan setiap peradaban mengagungkan Tuhan dan memberikan puncak teknologinya kepada dunia. Dia yakin, bila ICMI bisa memberikan sumbangan besar dalam pengembangan peradaban Islam kepada dunia.

Peran besar  ICMI
Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang hadir untuk menutup Silaknas ICMI mengatakan sejarah telah mencatat peran besar ICMI di berbagai bidang. Salah satunya yang menurut dia luar biasa adalah pengembangan ekonomi syariah.

"Konsep ekonomi syariah yang dikembangkan ICMI pertama kali diikuti oleh perbankan lain. Saat ini sistem syariah bahkan telah berkembang pesat melampaui perbankan konvensional," kata Hatta Rajasa.

Menurut dia, ICMI juga memiliki peran besar dalam pengembangan demokrasi dan keterbukaan. Hatta mengatakan ICMI mendorong masyarakat berpikir kritis dan hal itu sangat diperlukan dalam era demokrasi.

ICMI, kata dia, telah menyatakan tugas pokoknya untuk membangun peradaban bangsa. Melalui Silaknas tahun ini, ICMI semakin mengukuhkan diri untuk membangun peradaban besar di abad ke-21.

"Kemajuan ekonomi suatu bangsa belum merefleksikan tingginya peradaban. Namun, peradaban yang tinggi mencerminkan kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa," katanya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com